nusabali

PHDI Karangasem Lantik Pengurus Tingkat Desa

  • www.nusabali.com-phdi-karangasem-lantik-pengurus-tingkat-desa

AMLAPURA, NusaBali
Ketua PHDI Karangasem, Dr Ni Nengah Rustini MAg, melantik pengurus tingkat desa di empat kecamatan.

Kepengurusan PHDI tingkat desa terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan 2 anggota. Total pengurus desa yang dilantik di empat kecamatan tersebar di 32 desa sebanyak 160 pengurus. Agenda selanjutnya melantik pengurus PHDI tingkat desa di Kecamatan Manggis dan Kecamatan Karangasem.

Dr Rustini mengatakan, di Kecamatan Bebandem sebelumnya telah ada pengurus PHDI tingkat desa, hanya saja sebatas ketua saja. Kali ini seluruh struktur kepengurusan PHDI tingkat desa dilengkapi ketua, sekretaris, bendahara, dan 2 anggota. Ada 8 struktur kepengurusan PHDI tingkat desa di Kecamatan Bebandem yakni Desa Bebandem, Desa Bungaya Kangin, Desa Bungaya, Desa Sibetan, Desa Macang, Desa Jungutan, Desa Budakeling, dan Desa Bhuana Giri. “Pelantikan digelar di aula Kantor Camat Sidemen,” ungkap Dr Rustini, Senin (21/9).

Sedangkan pelantikan pengurus PHDI tingkat desa di Kecamatan Rendang digelar di aula Kantor Desa Rendang, Banjar Menanga Kawan. Melantik pengurus dari 6 desa yakni Desa Menanga, Desa Pempatan, Desa Besakih, Desa Rendang, Desa Nongan, dan Desa Pesaban. Di Kecamatan Selat, pelantikan digelar di aula Kantor Penyuluh Pertanian Kecamatan Selat. Melantik pengurus dari 8 desa yakni Desa Duda Timur, Desa Duda, Desa Duda Utara, Desa Selat, Desa Sebudi, Desa Peringsari, Desa Amerta Bhuana, dan Desa Muncan.

Pelantikan pengurus PHDI tingkat desa di Kecamatan Sidemen digelar di aula Kantor Desa Sidemen. Melantik pengurus dari 10 desa yakni Desa Sinduwati, Desa Sidemen, Desa Telaga Tawang, Desa Tri Eka Bhuana, Desa Loka Sari, Desa Sangkan Gunung, Desa Tangkup, Desa Wisma Kerta, Desa Talibeng, dan Desa Kertabhuana. Sebelumnya pelantikan pengurus PHDI di 23 desa yang ada di dua kecamatan, Minggu (13/9). Masing-masing di Kecamatan Abang sebanyak 14 desa dan kecamatan Kubu sebanyak 9 desa. “Tinggal melantik pengurus PHDI tingkat desa di Kecamatan Manggis dan Kecamatan Karangasem, Rabu (23/9) nanti,” jelas Dr Rustini didampingi Sekretaris PHDI Karangasem I Gusti Ngurah Ananjaya.

Dr Rustini yang mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem mengapresiasi kinerja PHDI Kecamatan se-Karangasem yang antusias membentuk kepengurusan PHDI tingkat desa. Sehingga punya perpanjangan tangan hingga ke tingkat desa untuk melakukan pembinaan. Walau telah ada penyuluh Agama Hindu, namun jumlahnya sangat terbatas. Sementara ada 74 tenaga penyuluh, masing-masing 65 penyuluh non-PNS dan 9 tenaga penyuluh PNS. Jumlah itu masih kurang, belum mampu menjangkau 78 desa/kelurahan. “Dengan terbentuknya PHDI tingkat desa, nantinya berkolaborasi di lapangan bersama-sama penyuluh Agama Hindu untuk memberikan pembinaan,” katanya. *k16

loading...

Komentar