nusabali

Lagi, Pasien Probable Covid-19 Meninggal di Jembrana

  • www.nusabali.com-lagi-pasien-probable-covid-19-meninggal-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jembrana, kembali mencatat adanya seorang pasien probable Covid-19 yang meninggal dunia.

Pasien probable asal Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, ini meninggal dunia dalam perawatan di RSUD Negara, Sabtu (19/9) dini hari. Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu (20/9), mengatakan pasien probable tersebut tepatnya dinyatakan meninggal dunia pada sekitar pukul 02.25 Wita. Sebelum meninggal dunia, pasien yang juga memiliki penyakit jantung itu, mengalami gejala sesak dan pneumonia (peradangan paru-paru).

“Berstatus probable karena ada gejala klinis yang mengarah positif Covid-19, namun uji swabnya belum keluar. Sesuai pedoman, baik pasien suspect maupun probable yang meninggal sebelum uji swab keluar, jenazahnya tetap ditangani sesuai protokol penanganan jenazah Covid-19,” ucap Arisantha.

Setelah penanganan di RSUD Negara, jenazah pasien probable ini dimakamkan di Setra Desa Adat Dauhwaru, Minggu sore kemarin. Proses pemakaman dilakukan oleh sejumlah petugas dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, dan disaksikan perwakilan keluarga serta perwakilan perangkat kelurahan dan desa adat setempat.

Sesuai catatan GTPP Covid-19 Jembrana, pasien probable meninggal ini menjadi kasus pasien probable meninggal yang kedua di Jembrana. Sebelumnya, seorang pasien probable asal Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, meninggal dalam perawatan di RSUD Negara, Kamis (17/9) lalu. Jenazah pasien probable pertama itu, juga telah dimakamkan di Setra Desa Adat Pendem, Jumat (18/9) siang.

“Hasil uji swab pasien probable yang meninggal sebelumnya, belum kami terima. Nanti untuk memastikan apakah positif Covid-19 atau tidak, tetap menunggu hasil uji swab. Tetapi untuk sementara, penanganan jenazahnya disesuaikan protokol penanganan jenazah Covid-19,” ucap Arisantha. *ode

loading...

Komentar