nusabali

Anggota Komisi VI Sosialisasi Prokes Untuk UKM/UMKM

Fasilitas Bantuan UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-anggota-komisi-vi-sosialisasi-prokes-untuk-ukmumkm

DENPASAR, NusaBali
Anggota Komisi VI DPR RI dapil Bali membidangi koperasi, UKM/UMKM, BUMN, perindustrian dan perdagangan Putu Supadma Rudana terjun langsung ke pelaku UKM/UMKM sosialiasikan protokol kesehatan (prokes) mencegah penularan Covid-19.

Selain sosialiasi prokes ke UMKM , Supadma Rudana juga mendengar aspirasi para pelaku UMKM di Bali untuk difasilitasi agar mendapatkan bantuan pusat akibat dampak pandemi Covid-19.

Supadma Rudana turun di Kawasan Pantai Sanur, Denpasar Selatan dan kawasan Pantai Pandawa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung mendengar aspirasi para pedagang. Dari dialog dan aspirasi yang ditangkap dari pedagang di Denpasar dan Badung, dampak pandemi Covid-19 makin parah. Pendapatan mereka menurun karena sepinya penjualan. Menyusul meningkatnya kasus positif Covid-19 dan sepinya pariwisata Bali. Supadma Rudana juga memberikan bantuan sekedarnya kepada para pedagang."Peningkatan Covid-19 ini makin membuat industri kecil terpuruk. Dari aspirasi yang kami tangkap bantuan untuk UKM/UMKM ini sangat diperlukan khususnya untuk usaha mikro dan ultra mikro (UMi)," ujar Supadma Rudana,Minggu (20/9) kemarin.

Menurut Supadma Rudana pihaknya sebagai Anggota Komisi VI akan memfasilitasi bantuan untuk UKM/UMKM melalui bantuan pusat. "Bantuan untuk UMKM dan UKM di Bali mungkin sudah ada dari pemerintah daerah. Namun dari dialog dan penyerapan aspirasi kita di lapangan masih ada yang tercecer, mungkin tidak terdata. Kita upayakan mereka juga dapat bantuan," ujar politisi Demokrat asal Desa Peliatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini.

Supadma Rudana selaku Anggota Fraksi Demokrat DPR RI dapil Bali akan menyampaikan aspirasi ini kepada Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono untuk bisa memberikan bantuan kepada UKM/UMKM yang terdampak Covid-19 melalui kekuatan Fraksi di DPR RI. "Konsep bantuan untuk kalangan UKM/UMKM ini sudah kami sampaikan kepada Ketua Umum DPP Demokrat. Ketua Umum DPP Demokrat mengintruksikan agar semua kader Demokrat baik yang duduk di eksekutif dan legislatif bergerak membantu masyarakat. Kesehatan masyarakat adalah hal utama. Yang terdampak secara ekonomi harus dibantu," ujar Wasekjen DPP Demokrat ini.

Selain itu, kata Supadma Rudana, untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di Bali, pihaknya juga sosialiasikan Prokes bagi pelaku usaha dengan membagikan masker. "Seperti pedagang di pantai kita bagikan masker dan sosialisasikan pola hidup bersih dan sehat dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak hindari kerumunan," beber mantan Anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali periode 2017-2019 membidangi pariwisata ini. *nat

Komentar