nusabali

Bukit Asah Terbakar, Petugas Kesulitan ke Lokasi

  • www.nusabali.com-bukit-asah-terbakar-petugas-kesulitan-ke-lokasi

AMLAPURA, NusaBali
Bukit Asah di Banjar Kangkang, Desa Kertamandala, Kecamatan Abang, terbakar, Senin (14/9) sekitar pukul 15.30 Wita.

Kobaran api terlihat dari bawah cukup besar. Belum diketahui penyebab kebakaran semak-semak itu. Petugas pemadam kebakaran kesulitan menjangkau lokasi, mesti melintasi jalan setapak penuh tanjakan setinggi sekitar 150 meter.

Perbekel Desa Kertamandala, I Made Oka Dharma Pranata, melaporkan kebakaran semak-semak di Bukit Asah kepada petugas pemadam kebakaran Karangasem. Made Oka Dharma Pranata mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran itu. Di puncak Bukit Asah tidak ada pemukiman, sehingga tak ada yang tahu persis kejadian itu. Diduga, penyebab kebakaran akibat gesekan kayu yang menimbulkan percikan api lalu membakar semak-semak di sekitarnya. Diperkirakan lahan yang terbakar sekitar 2 hektare. “Hampir tiap tahun terjadi kebakaran di Bukit Asah,” ungkap Made Oka Dharma Pranata.

Kebakaran di Bukit Asah jadi tontonan warga masyarakat yang melintas di jalur Amlapura-Singaraja. Api tidak mungkin menjalar sampai ke bawah hingga mendekati pemukiman. Sebab di bagian timur berupa tebing curam. Pemukiman terdekat dari Bukit Asah adalah rumah milik mantan anggota DPRD Karangasem I Gede Putu Sudita, Pura Ulun Swi Subak Desa Datah, Kecamatan Abang, Kantor Geofisika Desa Kertamandala, Kecamatan Abang, dan sejumlah warung.

Sebanyak 13 petugas pemadam kebakaran dipimpin Kasi Dalop Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Putu Darma Kartika ke lokasi dengan 4 unit mobil Damkar. Petugas menghabiskan 5.000 liter air untuk jinakkan amukan si jago merah. Petugas mengakui kesulitan menjangkau lokasi, hanya memantau dari jalan raya. Turut ke lokasi memantau kebakaran anggota Polsek Abang dan Koramil Abang serta sejumlah warga. *k16

loading...

Komentar