nusabali

Sudikerta Limpahkan ke Golkar Badung

  • www.nusabali.com-sudikerta-limpahkan-ke-golkar-badung

Golkar Badung akan melakukan rapat dengan seluruh jajaran partai di Badung dalam rangka mengamankan keputusan partai untuk Pilkada 2018.

Soal Aksi Suiasa 'Kampanyekan' KBS

DENPASAR, NusaBali
Inilah sikap Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta soal aksi kader senior DPD II Golkar Badung yang juga Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa yang terang-terangan kampanyekan Koster Bali Satu (KBS) di Pilgub Bali 2018 di Desa Kampial, Kuta Selatan, Badung, Jumat (7/10) lalu. Sudikerta menyerahkan sikap partai terhadap manuver Suiasa kepada Ketua DPD II Golkar Badung.

Sudikerta usai memimpin rapat persiapan pelantikan pengurus Badan Pemenangan Pemilu DPD I Golkar Bali di Sekretariat DPD I Golkar Bali Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Senin (10/10) sore, tak mau komentar soal Suiasa yang mendukung I Wayan Koster menjadi Cagub Bali. Walaupun Golkar Bali sendiri sudah mengusung Sudikerta sebagai Cagub di Pilgub 2018 dari Partai Golkar.

“Silahkan ke Ketua DPD II Golkar Badung Pak Muntra (I Wayan Muntra) saja,” ujar Sudikerta yang kemarin didampingi Sekretaris DPD I Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry, serta Ketua Organisasi dan Daerah I Gusti Putu Wijaya. Sudikerta kemarin memimpin rapat secara tertutup. Sempat beredar kabar kalau Suiasa dibahas dalam rapat yang juga dihadiri para Ketua DPD II Golkar se Bali itu.

Ketua DPD II yang hadir, yakni Ketua DPD II Golkar Badung I Wayan Muntra, Ketua DPD II Golkar Gianyar I Made Dauh Wijana, Ketua DPD II Golkar Denpasar I Wayan Mariyana Wandira, Ketua DPD II Golkar Tabanan I Ketut Arya Budi Giri, Ketua DPD II Golkar Jembrana I Wayan Suardika, Ketua DPD II Golkar Klungkung I Made Ariandi, dan Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana.

Begitu rapat selesai semuanya bubar dan tidak ada yang mau komentar karena sudah dilimpahkan kepada Badung. Lalu apa sikap Golkar Badung soal manuver Suiasa? Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Muntra dikonfirmasi terpisah, Senin malam mengatakan Golkar Badung akan mencari fakta-fakta dulu soal adanya informasi Suiasa kampanye KBS. “Kita ingin ada bukti-bukti konkret dulu. Kami tidak grasa-grusu. Apalagi langsung ambil keputusan organisasi. Kita mau kumpulkan bukti dan fakta dulu,” kata Muntra.

Politisi asal Desa Peminge, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini menegaskan selaku pimpinan di Golkar Badung dirinya akan bertemu dengan Suiasa untuk berbicara dari hati ke hati.”Kita nggak mau terpancing suasana politik dan info yang belum kita lihat secara keseluruhan. Dalam persoalan Pilgub Bali kita ingin seluruh kader masih tetap ada satu atap di bawah Partai Golkar. Tidak boleh ada yang terpecah. Kita mau bicarakan secara kekeluargaan dengan saudara Suiasa,” tegas mantan Ketua OKK DPD I Golkar Bali ini.

Muntra menyebutkan rapat di DPD I Golkar kemarin tidak ada membahas langkah partai terhadap kejadian di Desa Kampial yang menyebutkan Suiasa kampanye KBS. Rapat hanya membahas masalah jadwal pelantikan BKPP Bali. “Seluruh kader dan publik sudah tahu sesuai dengan deklarasi DPD II Golkar se Bali, Partai Golkar sudah sepakat mengusung Ketua DPD I Golkar Bali sebagai Cagub Bali di Pilgub 2018. Artinya SGB (Sudikerta Gubernur Bali) sudah dideklarasikan DPD II. Kita harapkan itu terjaga dengan baik dan kader tetap solid,” kata Muntra.

Muntra mengatakan DPD II Golkar Badung dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat dengan seluruh jajaran partai di Badung dalam rangka mengamankan keputusan partai baik untuk Pilkada 2018 maupun event politik lainnya.”Yang kita utamakan itu konsolidasi internal. Kami tidak mau terpecah. Apalagi dalam politik itu hitungan detik bisa berubah,” ujar Muntra.

Mantan Wakil Sekretaris DPD II Golkar Badung ini mengatakan Pilgub Bali 2018 masih lagi 2 tahun. “Saya perlu buktikan Suiasa berbicara selaku pribadi, selaku Wakil Bupati yang diundang di acara tersebut atau apa? Ini yang kita mau telusuri. Saya sebagai pimpinan partai di Badung sepakat mengajak kader partai konsolidasi dan menjaga soliditas kedalam,” ujar Muntra.

Sebelumnya diberitakan kader senior Golkar Badung yang juga Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa terang-terangan mengkampanyekan Koster Bali Satu (KBS) dalam acara dialog bersama ratusan warga Banjar Menesa, Desa Adat Kampial, Kuta Selatan, Badung, Jumat (7/10) malam. Padahal Partai Golkar Bali sendiri telah deklarasikan Ketua DPD I Golkar Bali I Ketut Sudikerta diusung sebagai Calon Gubernur Bali 2018. * nat

Komentar