nusabali

Anak Muda Tokoh Nasional Tarung di Pilkada Bangli 2024

Daftar ke Partai Golkar dan Demokrat

  • www.nusabali.com-anak-muda-tokoh-nasional-tarung-di-pilkada-bangli-2024

BANGLI, NusaBali - Seorang tokoh muda yang banyak berkiprah di kancah nasional, Raden Cahyo Adhi Nugroho Martosubroto menyatakan kesiapannya maju sebagai Calon Bupati (Cabup) di Pilkada Bangli 2024. Wujud dari kesiapan dan keseriusan memimpin ‘Bumi Sejuk’ Bangli ditunjukkan oleh Adhi Nugroho panggilan tokoh muda tersebut dengan mendaftarkan diri ke DPD II Golkar dan DPC Partai Demokrat Kabupaten Bangli, Selasa (7/5) siang.

Kontan saja kehadiran Adhi Nugroho yang memegang posisi sebagai Kepala Biro Pertahanan, Analisis Pertahanan dan Lingkungan Strategis DPP Partai Demokrat ini ke kantor dua partai besar itu memberi surprise (kejutan) jajaran pengurus dan jajaran kader partai serta masyarakat Bangli. Pasalnya, Adhi Nugroho selama ini nyaris tidak termasuk figur-figur yang dikabarkan akan berebut tiket calon bupati di Pilkada Bangli 2024. Adhi Nugroho didampingi timnya bertandang ke kantor DPD II Golkar Bangli, diterima Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara yang didampingi beberapa pengurus. 

“Kami menerima Pak Adhi yang menyampaikan permohonan ikut berproses di Golkar dan menyerahkan pernyataan siap mengikuti mekanisme dan tahapan yang ditetapkan Golkar,” kata Winuntara kepada wartawan. Terkait kejutan hadirnya seorang figur mendaftar ke partai yang dipimpinnya, Winuntara menyatakan Partai Golkar terbuka untuk menerima siapa saja yang ingin berproses, baik kader maupun non-kader, sepanjang bersedia mengikuti mekanisme dan tahapan yang telah ditetapkan Partai Golkar. 

Dikonfimasi tentang kedatangannya ke Golkar untuk ikut proses pencalonan bupati di partai berlambang Pohon Beringin itu, Adhi Nugroho menyatakan keseriusannya untuk maju sebagai Calon Bupati Bangli.

“Saya sangat serius dan telah menyerahkan segala persyaratan untuk berproses di Partai Golkar hingga nanti sampai ke pendaftaran ke KPU. Saya telah tahu banyak tentang Bangli, masyarakat, alam, budaya, adat istiadat, dan potensinya. Saya juga siap melakukan terobosan memajukan Bangli yang benar-benar berubah ke arah lebih baik,” ujar pria kelahiran Bogor, 11 Juli 1985 ini.

Adhi Nugroho yang juga dikenal sebagai pembalap mobil profesional ini mengaku bisa menjadi representasi generasi milenial dalam membangun masa depan Bangli ke arah yang lebih baik daripada saat ini. Dirinya siap mengabdi dengan totalitas. “Banyak hal yang bisa dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bangli,” tegas tokoh muda yang mengenyam pendidikan lokal, nasional, hingga internasional, serta sangat mengerti tentang Kabupaten Bangli ini.

Raden Cahyo Adi Nugroho Martosubroto saat mendaftar Bacabup Bangli di DPC Demokrat Bangli. -IST

Berdasarkan penelusuran, Adhi Nugroho yang saat ini kandidat Doktor di Undiknas Denpasar menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) pada 9 Oktober 2014 dengan IPK 3,47.  Lulus dari program studi Manajemen Pertahanan (MP) dalam waktu 1 tahun 3 bulan, Adhi Nugroho lulus tercepat di angkatannya (Cohort-V), dan yang pertama sepanjang sejarah Program Studi Universitas Pertahanan Indonesia.

Sebelumnya Adhi Nugroho telah menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Maranatha Bandung dengan predikat lulusan terbaik (valedictorian) dengan IPK 3,91 dan mendapatkan penghargaan Best of The Best. Selanjutnya, menyelesaikan Program Bussiness Leadership Executive MBA dari ITB dengan IPK3,43, serta mendapatkan gelar Master kedua sebelum usia 30 tahun.

Menguasai tiga bahasa – Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jerman tingkat B-1) dengan baik, Adhi Nugroho mampu bekerja dan beradaptasi dengan sangat baik di dalam lingkungan dan sistem yang baru. Di dunia akademik, sejak semester genap 2014/2015, Adhi Nugroho mengajar Mata Kuliah Perekonomian Indonesia di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung dengan status dosen luar biasa, selain juga mengajar di Program Pascasarjana Unhan.

Adhi Nugroho yang berdomisili di kawasan Niti Mandala Denpasar (Renon) ini, tercatat menjadi Presiden BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) di usia 34tahun, paling muda sepanjang sejarah Official BMW Clubs di seluruh dunia. “Saya terpilih di Munas BMWCCI 2019 di Surabaya, sebelumnya saya menjabat sebagai Ketua BMWCCI Bandung Chapter sejak 2017 sampai 2019,” ungkapnya.

BMWCCI adalah organisasi BMW resmi di Indonesia. Induk dari BMWCCI adalah BMW Clubs Asia (BMWCA), dan di atasnya adalah BMW Clubs International Council (BCIC) di München, Jerman. Punya hobi dan keahlian motorsport, Adhi Nugroho adalah atlet balap mobil. Sejak 2018 dia menekuni balap mobil profesional. Pada tahun 2022 bergabung sebagai pembalap pro di tim balap BMW Team Astra, dan sampai sekarang menjadi Brand Ambassador dari BMW ASTRA. 

Di dunia balap dan otomotif, suami dari Fiona Rebecca Martosubroto ini menjadi Juara Nasional BMS 2000 Advance di akhir musim balap ISSOM Sentul 2022 dan menjuarai BMWCCI Motorsport tahun 2023. Selain bertandang ke Partai Golkar Bangli, pada hari yang sama Adhi Nugroho juga mendaftar sebagai bakal calon Bupati Bangli di kantor DPD Partai Demokrat Bangli. Pada kesempatan itu, Adhi Nugroho yang diterima Sekretaris DPD Demokrat Bangli I Wayan Sedia, memaparkan visi-misi dan programnya di depan para pengurus, anggota Fraksi Demokrat serta kader lainnya. @ nat

Komentar