nusabali

Membludak Peserta Orientasi dan KLW PWI Bali

  • www.nusabali.com-membludak-peserta-orientasi-dan-klw-pwi-bali

DENPASAR, NusaBali
PWI Provinsi Bali menggelar kegiatan Orientasi dan Karya Latihan Wartawan (KLW) Calon Anggota PWI Bali di Gedung PWI Bali, Lumintang, Denpasar, Jumat (28/8). 

Ketigatan yang diikuti 106 peserta calon anggota PWI Bali ini digelar untuk menikatkan kualitas wartawan yang tergabung dalam PWI Bali.

Kegiatan dengan tema ‘Pers Bermutu Bangsa Maju’ dibuka oleh Ketua PWI Bali IGM Dwikora Putra. Dalam kegiatan ini turut hadir Dewan Kehormatan PWI Bali I Nyoman Wirata, jajaran pengurus PWI Bali, dan Dirut PT Jimbaran Hijau, Agung Prianta.

Ketua Panitia, Emanuel Dewata Oja, menyampaikan total peserta tercatat sebanyak 106 orang. Jumlah yang cukup membludak, dari prediksi awal hanya diikuti puluhan calon anggota PWI. "Seluruhnya berjumlah 106 orang. 80 persen dari media online, 20 persen dari media cetak dan televisi. Maka itu, ada satu materi dalam kegiatan ini terkait pedoman penulisan media siber," ujarnya.

Dikatakannya, guna menjaring wartawan yang berkualitas, salah satu syarat peserta adalah berasal dari perusahaan pers yang berbadan hukum. Wartawan senior yang akrab disapa Edo ini menambahkan, para peserta wajib mengikuti ujian di akhir kegiatan, karena hasil ujian, akan menentukan lulus tidaknya peserta menjadi anggota PWI Bali.

Sementara Ketua PWI Bali, IGM Dwikora Putra mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil Kongres PWI tahun 2018 di Solo, bahwa calon anggota PWI wajib mengikuti orientasi karya latihan wartawan.

Dwikora mengapresiasi animo peserta yang jumlahnya cukup banyak. "Kami apresiasi animo luar biasa dari peserta untuk bergabung di PWI Bali. Jika semua peserta ini lulus, anggota PWI Bali akan berjumlah 400 orang lebih. Sementara jumlah anggota PWI seluruh Indonesia tercata 15 ribu orang," kata Dwikora.

Dalam acara ini, Direktur PT Jimbaran Hijau Agung Prianta memberikan tali kasih berupa sembako dan masker kepada seluruh peserta.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dari awal masuk gedung, peserta dicek suhu tubuh, cuci tangan, dan jaga jarak saat mengikuti pelatihan. *nvi

Komentar