nusabali

UMKM Bali Beri Kontribusi 61% untuk PDB

  • www.nusabali.com-umkm-bali-beri-kontribusi-61-untuk-pdb

Majukan sektor UMKM, peranan bisnis berkelanjutan sangat penting.

DENPASAR, NusaBali
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali memberikan sumbangan signifikan  terhadap perekonomian Bali.  itu ditunjukkan kontribusinya pada   pada Produk domestik bruto (PDB) Bali. Tahun 2020, UMKM memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB Bali. Sementara tenaga kerja yang diserap 97 persen.

Hal terungkap dalam ,Sustainable Weeks', yang berlangsung dari  Jumat(7/7) sampai Sabtu (8/7) di Hotel Harris Tuban, Kuta Badung.

Menparkeraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menekankan peranan bisnis berkelanjutan  sangat penting dalam rangka memajukan sektor UMKM.“Konsep ini memungkinkan pengembangan usaha tanpa merusak sumber daya alam dan sumber daya manusia,” ujar Menparkeraf.

Ditegaskan penerapan bisnis berkelanjutan harus melibatkan semua pemangku kepentingan agar tercipta ekosistem ekonomi yang berputar.

“Prinsip bisnis berkelanjutan yang mendasarkan pada People, Planet, dan Profit harus diterapkan oleh pelaku UMKM untuk menjaga ketahanan bisnis mereka dari risiko yang tidak terduga, seperti pandemi,” ujarnya.

Berlangsung selama dua hari,   'Sustainable  Weeks" bertujuan memberikan pemahaman umum mengenai penerapan prinsip bisnis berkelanjutan pada UMKM di Bali.

Sinergi dan ekosistem bisnis berkelanjutan di UMKM diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Bali. Kegiatan  juga dihadiri Ketua PWI Bali, IGM Dwikora Putra.

Serangkaian dengan pemahaman umum tentang prinsip bisnis berkelanjutan pada UMKM, juga digelar pelatihan tulisan lingkungan hidup berdasarkan fakta dan prinsip memeriksa dan menyeimbangkan. Pelatihan diikuti 20 wartawan di Bali. 

Harapannya, supaya  topik-topik lingkungan tidak lagi menjadi isu marginal, yang kalah   dengan topik-topik lain seperti  politik, ekonomi atau entertainment.

“Kami harapkan topik lingkungan bisa menjadi perhatian, mainstream,” ujar Myrna Suryo, Dirut A+Communication dari Bali In Your Hands.

Sebagai narasumber, Pangesti Boedhiman- Corporate Communication Senior Advisor & Climate Change Leader/Former Femina Group Journalist. Mohammad Burhanudin-Communication Consultant Yayasan KEHATI/Former Kompas Journalist dan Gracia Lenita- Bussines Law Attorney/Former Berita Satu Journalist.

Acara Bali In Your Hands Sustainable Weeks, yang mengusung tema "Berbagi Ilmu yang Menyenangkan mengenai Prinsip Bisnis Berkelanjutan pada Industri UMKM", merupakan kolaborasi antara pemangku kebijakan industri UMKM dan bisnis berkelanjutan di Bali. k17.

Komentar