nusabali

Suara Kempul Baris Jangkang Punya Kekuatan Usir Musuh

  • www.nusabali.com-suara-kempul-baris-jangkang-punya-kekuatan-usir-musuh

Event tahunan Nusa Penida Festival (NPF) III 2016 telah dibuka resmi di Pantai Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (7/10) sore.

Atraksi Tari Baris Jangkang 1.000 Penari Meriahkan Nusa Penida Festival


SEMARAPURA, NusaBali
Sesuai rencana, pembukaan NPF III 2016 dimeriahkan atraksi kolosal Tari Baris Jangkang 1.000 Penari. Pembukaan NPF III 2016 dilakukan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Prof Dr Ir I Gede Pitana, dengan didampingi Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, Kadis Pariwsata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra, Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru, dan Wabup Klungkung I Made Kasta.

Dalam sambutannya, Prof Pitana menyatakan sangat antusias terhadap gagasan Bupati Nyoman Suwirta untuk menggelar berbagai festival di Kabupaten Klungkung, termasuk NPF yang telah dilaksanakan buat ketiga kalinya. Menurut Prof Pitana, berbagai daerah melejit namanya di tingkat nasional hingga internasional setelah mereka menyelenggarakan berbagai event festival dalam mempromosikan potensi daerahnya.

“Festival merupakan cara terbaik untuk mempromosikan sebuah destinasi. Sebab, festival memiliki direct impact yang membuat wisatawan datang langsung. Nah, yang paling besar adalah inderect impact dengan pemberitaan besar. Orang akan datang setelah mengetahui dan mendapatkan informasi. Ini bisa dilakukan dengan adanya pemberitaan,” jelas Prof Pitana.

“Nusa Penida merupakan miniatur dari Bali, mengingat sejumlah potensi yang ada di Bali seluruhnya ada di Nusa Penida, baik alam mau pun budayanya,” lanjut birokrat asal Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Tabanan yang sempat sandang predikat ‘Mahasiswa Teladan Unud’ saat kuliah di Fakulas Pertanian Unud ini.

Sedangkan Bupati Suwirta menyambut baik komitmen Kemenpar dalam menggenjot pariwisata utamanya di Klungkung. Menurut Bupati Suwirta, dalam kurun 2 tahun terakhir pihaknya mengebut pengembangkan infrastruktur. Dengan banyaknya dana dari pusat yang mengucur ke Kabupaten Klungkung, pembenahan infrastruktur sudah berjalan 50 persen.


SELANJUTNYA . . .

Komentar