nusabali

Perbekel Duda Tebar 5.000 Bibit Gurami

  • www.nusabali.com-perbekel-duda-tebar-5000-bibit-gurami

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, I Gusti Agung Ngurah Putra, bersama perangkat desa dan mahasiswa KKN Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menebar bibit 5.000 ekor gurami di Goa Raja, Banjar Jangu dan di teben Beji Solas, Tukad Batah, Banjar Duda, Minggu (23/8) sekitar pukul 09.00 Wita.

Tebar bibit ikan untuk mengedukasi masyarakat pentingnya mengembangkanbiakkan ikan air tawar dan meningkatkan konsumsi ikan.

Perbekel Duda, I Gusti Agung Ngurah Putra, mengatakan ikan air tawar bermanfaat mencegah risiko penyakit jantung, menguatkan pembuluh darah, sangat baik untuk kesehatan otak, mengatasi depresi, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko penyakit autoimun, menghaluskan kulit, mempercepat menyembuhkan luka, sangat baik untuk kesehatan mata, dan mencegah rambut rontok. Sebab ikan air tawar mengandung banyak nutrisi. “Ikan juga mengandung asam lemak omega3, selenium, vitamin D, dan vitamin B12,” ungkap Gusti Agung Ngurah Putra.

Penebaran bibit ikan gurami atas bantuan dari mahasiswa KKN UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Desa Duda. Dikatakan, potensi untuk mengembangkan ikan gurami sangat menjanjikan karena air cukup besar mengalir selama 24 jam di Tukad Batah. Kelian Banjar Dinas Pegubugan, I Nengah Suyadnya, mengapresiasi program Pemerintah Desa Duda melakukan penggemukan ikan gurami dengan cara menebar bibit ikan gurami. “Masyarakat yang punya lahan bisa mengembangkan ikan air tawar, apalagi pangsa pasarnya menjanjikan. Selama ini mendatangkan ikan gurami dan lele dari luar Bali," ungkap Nengah Suyadnya. Agar ikan tidak menyebar jauh, maka di Tukad Batah dan Gook Sapi dipasangi jaring. Sehingga ikan gurami hanya hidup di sekitar penangkaran  dan nantinya lebih mudah dipanen. *k16

loading...

Komentar