nusabali

'Dia Seperti Zidane di Madrid'

Pirlo Gantikan Sarri Tangani Juventus

  • www.nusabali.com-dia-seperti-zidane-di-madrid

TURIN, NusaBali
Belum punya banyak pengalaman, Andrea Pirlo diangkat Juventus sebagai pelatih tim utama.

Namun manajemen Juventus punya alasan khusus, yakni soal firasat bahwa Pirlo sosok yang tepat. Juventus merasa Pirlo seperti Zinedine Zidane di Real Madrid.

Presiden Juventus Andrea Agnelli melihat Pirlo sebagai sosok yang akan mengikuti jejak Zinedine Zidane di Real Madrid. Menurutnya, dia mantan gelandang kreatif dengan visi permainan yang sangat bagus, serta berusia muda untuk terkoneksi dengan baik kepada para pemain.

Ya, Andrea Pirlo secara resmi diangkat Juventus menjadi pelatih kepala pada Minggu (9/8) dinihari Wita. Eks pemain Juventus itu menggantikan posisi Maurizio Sarri yang dipecat pada Sabtu (8/8) malam.

Pengangkat Pirlo sebagai pelatih menggugurkan sejumlah rumor yang beredar, termasuk Juventus mengincar Mauricio Pochettino. Keputusan itu juga cukup berani karena Pirlo minim sekali pengalaman sebagai pelatih. Dia juga baru  pada 31 Juli lalu ditunjuk menangani tim U-23 Juventus.

Direktur Juventus Fabio Paratici menyebutkan, keputusan menunjuk Pirlo sebagai pelatih baru lebih ke soal firasat, bahwa dia sosok yang tepat. Juventus merasa Pirlo orang yang bakal mencapai level top sebagai pelatih, yang kemudian diperkuat dengan pendekatan permainan pria 41 tahun itu.

"Keputusan mengangkat Pirlo itu sangat natural, dalam gaya Juventus. Karena dia seseorang, yang seperti kami katakan hanya sepekan lalu, selalu dalam kontak dengan semua orang di sini dan itu terasa natural saja," ungkap Paratici, kepada Sky Sport Italia dikutip Football Italia.

"Kami juga yakin dia ditakdirkan untuk menjadi hebat. Dia ditakdirkan hebat semasa jadi pemain dan kami berpikir dengan percaya diri, bahwa dia bisa melakukan hal yang sama sebagai pelatih."

"Sosok orangnya seringkali lebih penting ketimbang sisi profesionalnya, jadi kami tidak punya keraguan apapun terhadap Pirlo sebagai seorang manusia," kata Paratici.

Pirlo diikat kontrak selama dua tahun hingga 30 Juni 2022. Jabatan pelatih Juventus menjadi peran kepelatihan perdana bagi Pirlo. Pirlo membawa timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006, serta sejumlah gelar Liga Italia dan Liga Champions saat berseragam AC Milan, Inter Milan, dan Juventus. *ant

Komentar