nusabali

Lima Asesor Tunggu Penugasan BAN PAUD

  • www.nusabali.com-lima-asesor-tunggu-penugasan-ban-paud

AMLAPURA, NusaBali
Lima asesor tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan PNF (Pendidikan Non Formal) menunggu penugasan dari BAN (Badan Akreditasi) PAUD dan PNF Provinsi Bali untuk melakukan akreditasi lintas kabupaten.

Kelima asesor dari Karangasem bertugas di luar Karangasem.  Kabid PAUD dan NF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Nyoman Adil mengatakan, penugasan untuk asesor PAUD dan BNF i dari BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali. Setiap tahun ada PAUD dan BNF yang diakreditasi di seluruh Bali, termasuk Karangasem ada 45 PAUD dan PNF yang masuk agenda diakreditasi tahun 2020. “Agenda akreditasi yang mesti dikerjakan asesor belum turun,” kata I Nyoman Adil, Rabu (5/8).

Nyoman Adil mengatakan, selama ini asesor tugasnya melakukan visitasi (kunjungan), melakukan desk assessment, dan membuat laporan hasil visitasi. Dasar laporan itu berdasarkan input nilai individu, menginput nilai kelompok, menginput rekomendasi, menginput proses pembelajaran, juga didukung foto pendukung sebagai dokumen, menginput berita acara, dan sebagainya. Selama melakukan visitasi mesti memenuhi prinsip-prinsip dasar yakni efektif, efisien, objektif, dan mandiri. Dengan harapan nilai akhir akreditasi didapatkan minimal 71 dan nilai kompetensi standar minimal 61. “Asesor juga bertugas sebagai fasilitator pemetaan mutu PAUD dan PNF,” katanya.

Kelima asesor yang ditunjuk BAN PAUD (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Non Formal Bali itu yakni I Dewa Ayu Anom Pratiwi guru TK Pembina Negeri Karangasem, Ni Nyoman Yuliani guru PAUD Amerta Yulia Ganesa, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, I Wayan Redana guru TK Tunas Kartini, Desa Culik, Kecamatan Abang, I Wayan Mertayasa guru PAUD Amerta Yulia Ganesa, dan I Komang Sukayasa.

Asesor I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengatakan, untuk tahun 2020 belum ada agenda yang turun melakukan akreditasi. Tahun lalu, asesor I Wayan Mertayasa dan Ni Nyoman Yuliani dapat tugas melakukan akreditasi di Tabanan. Sedangkan Dewa Ayu Anom Pratiwi dapat tugas mengakreditasi PAUD di Denpasar. *k16

loading...

Komentar