nusabali

Partisipasi SPO Lampaui Capaian Pusat, Jembrana Raih Penghargaan BPS

  • www.nusabali.com-partisipasi-spo-lampaui-capaian-pusat-jembrana-raih-penghargaan-bps

NEGARA, NusaBali
Badan Pusat Statistik (BPS) pusat memberikan piagam penghargaan kepada Pemkab Jembrana, Selasa (4/8), sehubungan tingkat partisipasi Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 yang berhasil melampaui tingkat partisipasi nasional.

Piagam penghargaan dari BPS diserahkan oleh Kepala Kantor BPS Jembrana I Kadek Muriadi Wirawan kepada Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi Sekda Jembrana I Made Sudiada dan Asisten I Setda Jembrana I Nengah Ledang, di ruang VIP Kantor Bupati Jembrana, Selasa (4/8).

Muriadi menyampaikan, SPO 2020 tingkat partisipasi di Jembrana mencapai 38,93 persen atau 109.147 jiwa dari estimasi total 280.396 jiwa penduduk Jembrana.

“Selain melampaui tingkat partisipasi secara nasional, tingkat partisipasi warga Jembrana sebesar 38,93 persen ini juga melampaui rata-rata tingkat partisipasi di Provinsi Bali yang sebesar 35,59 persen. Dengan pencapaian tersebut, BPS pusat memberikan penghargaan kepada Kabupaten Jembrana. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jembrana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan SPO ini. Data ini sangat bermanfaat untuk perencanaan masa depan bangsa,” ujar Muriadi.

“Setelah SPO, BPS akan kembali menyelenggarakan sensus penduduk pada September 2020. Namun sensus kedua nanti, tidak lagi secara online. Melainkan dengan strategi drop of pick up, melalui pengisian kuisioner. Kami berharap untuk sensus tahap kedua nanti, tingkat partisipasi dapat mencapai 100 persen,” ucapnya.

Bupati Artha mengapresiasi masyarakat Jembrana yang aktif menyukseskan SPO 2020. Capaian tersebut membuktikan sinergi antara pemerintah telah berjalan baik.

Dalam upaya menyukseskan sensus penduduk tahap kedua nanti, Bupati Artha mengatakan Pemkab Jembrana akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat oleh seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk dunia pendidikan. *ode

loading...

Komentar