nusabali

Operasi Patuh Lempuyang 2020, Polres Gianyar Bagi Helm Gratis

  • www.nusabali.com-operasi-patuh-lempuyang-2020-polres-gianyar-bagi-helm-gratis

GIANYAR, NusaBali
Operasi Patuh Lempuyang 2020 menjaring puluhan pengendara roda dua tanpa mengenakan helm saat melintas di Jalan Raya Sukawati, Gianyar, Sabtu (1/8) pagi.

Bagi pelanggar yang rumahnya dekat, diminta jalan kaki untuk mengambil helm. Atau meminta keluarga di rumah membawakan helm. Sementara pelanggar yang tidak memungkinkan mengambil helm, apalagi mengaku tidak punya helm dihadiahi helm gratis. Ada sekitar 20-an helm gratis yang diberikan kepada pengendara. Dominan diberikan kepada pengendara sepeda motor lanjut usia.

Saat diberhentikan, para pengendara mengira akan ditilang. Namun setelah diberikan penjelasan tentang keselamatan berlalu lintas, apalagi dihadiahi helm gratis, pengendara yang awalnya mengerutkan dahi menjadi sumringah.

Satgas II Preventif Ops Patuh Lempuyang Tahun 2020 Polres Gianyar Ipda Nyoman Sadia, menjelaskan penggunaan helm wajib bagi pengendara kendaraan roda dua. “Jauh atau dekat, kalau sudah naik sepeda motor wajib pakai helm,” ujarnya.

Polisi mempunyai kewajiban mengingatkan masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas. Tujuannya, guna meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas. Selain mewajibkan penggunaan helm, selama operasi juga diimbau kepada masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dalam kesempatan itu juga dibagikan hand sanitizer dan masker.

“Kami utamakan upaya preventif, mengimbau masyarakat agar tertib berlalu lintas. Hanya 10 persen kami tindak dengan tilang dengan tetap lihat skala prioritas dan melawan arus,” tutur Ipda Nyoman Sadia. Pihaknya juga mengimbau masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19 tetap jaga jarak, gunakan masker. *nvi

Komentar