nusabali

7 KK Relakan Lahan 21 Hektare

TMMD Buka Jalan Kerta - Buahan Kaja, Payangan

  • www.nusabali.com-7-kk-relakan-lahan-21-hektare

GIANYAR, NusaBali
Sekitar 7 Kepala Keluarga (KK) di Pondokan Keling, Banjar Selat, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Gianyar, merelakan 21 hektare lahannya untuk pembukaan jalan oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 108.

Kini, personel TNI Kodim 1616/Gianyar masih mengeruk tebing, meratakan tanah, agar jalan dengan lebar 8 meter sepanjang 2.359 meter segera rampung.

Salah satu warga, Anak Agung Sri Gunawati,56, berharap kegiatan TMMD 108 berjalan lancar sesuai perencanaan. Guru di SDN 4 Singaperang, Payangan ini sejak menikah tahun 1991, merasakan kesulitan mengakses desa luar. Untuk membangun rumah misalnya, dia harus merogoh kocek dua kali lipat. Berat di ongkos pengiriman material bahan bangunan. Karena pengiriman ditempuh hanya dengan jalan kaki dan menyeberangi sungai. Sampai-sampai, dia mengurungkan niat memperbaiki kamar mandinya yang sudah miring. "Nunggu jalan ini bisa dilalui, saya akan langsung beli pasir, batako dan bahan lain untuk perbaiki WC," ungkap Agung Sri, beberapa waktu lalu di kediamannya.

Sekarang meski jalan TMMD ini belum selesai, sepeda motor sudah bisa lewat," ungkapnya sumringah. Sepengetahuannya, sepanjang akses jalan yang dibuka awalnya merupakan lahan seluas 21 hektare milik 7 KK. Agung Sri sendiri, merelakan sekitar 3 hektare lahannya. "Dulu tanah itu isinya kayu, sudah ditebang. Kayu-kayunya masih saya simpan untuk bahan bangunan nanti," ungkapnya. Selain kayu, pada lahan miliknya juga merupakan kebun jeruk dan pisang. Hanya saja, setiap kali panen harga jualnya tak sebanding dengan jalur yang ditempuh menuju pasar. "Daun misalnya kalau di jual disini cuma Rp 10.000 per ikat. Kalau dibawakan sampai pasar baru dibayar Rp 20.000," kenangnya. Maka dari itu, lahan untuk akses jalan ini direlakan.  "Kami relakan karena kami perlu jalan," ujar ibu satu anak ini. Agung Sri berharap nanti bisa lebih mudah menjual hasil kebun ke pasar.

Untuk diketahui, Program TMMD ke-108 membuka jalan dari Desa Buahan Kaja - Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar masih berlangsung. Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro menjelaskan pembukaan jalan tersebut telah rampung 50 persen, tinggal pembuatan jembatan penghubung dua desa tersebut. ‘’Kini tinggal pembuatan jembatan penghubung Desa Buahan Kaja dengan Desa Kerta,” sambungnya. Pemkab Gianyar menggelontorkan dana Rp 1,9 miliar untuk program ini.*nvi

loading...

Komentar