nusabali

Juli, 7 Maskapai Ajukan Slot Penerbangan di Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-juli-7-maskapai-ajukan-slot-penerbangan-di-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali
Menyambut new normal, sejumlah maskapai sudah mengajukan permohonan slot untuk masuk ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Angkasa Pura I selaku pengelola bandara tersibuk kedua di Indonesia itu sudah menerima tujuh permohonan slot penerbangan baik dari internasional maupun domestik pada Juli 2020 ini.

Communication and Legal Manager Angkasa Pura I Andanina Dyah Permata Megasari, mengungkapkan terhitung per 1 Juli 2020, pihaknya sudah menerima 7 permohonan slot bagi 4 maskapai nasional dan 3 maskapai internasional. Maskapai nasional yang sudah mengajukan masing-masing Garuda Indonesia, Citilink, Nam Air, dan AirAsia. Sementara untuk rute internasional tercatat tiga maskapai yakni Emirates, Malaysia Airlines, dan Qatar.

“Untuk permohonan slot itu, Garuda Indonesia (14 flight), Citilink (20 flight), Nam Air (1 flight), AirAsia (6 flight). Sementara, untuk internasional semuanya masing-masing 2 flight. Ini baru flight number saja, belum termasuk DoS-nya (daily of service) atau berapa kali operasi dalam sehari secara rinci,” tutur Andanina saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (5/7) malam.

Meski tidak merinci operasi tiap hari dari masing-masing 7 maskapai itu, Andanina mengemukakan secara keseluruhan permohonan itu mencapai 219 pergerakan. Dari total itu, tercatat ada 191 pergerakan di rute domestik. Sementara, untuk rute internasional terdapat 28 pergerakan. Sejauh ini, yang sudah terkonfirmasi dan mendapat persetujuan dari pihaknya ada 98 pergerakan dari dan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Yang sudah disetujui untuk slot bulan Juni ini ada 98 penerbangan dengan rincian 88 domestik, 10 internasional. Sisanya masih menunggu keputusan lebih lanjut,” beber Andanina

Masih menurut dia, dari permohonan slot yang sudah disetujui itu, rute dari dan ke Bandar Udara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) mendominasi dengan 53 penerbangan, kedua adalah dari dan ke Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan 17 penerbangan. Untuk rute internasional, yang sudah disetujui adalah rute Doha dengan 7 penerbangan, dan rute menuju Dubai dengan 3 penerbangan.

“Dengan adanya permintaan slot ini, tentunya kami barengi dengan peningkatan kapasitas terminal. Awalnya yang kami fungsikan hanya sebesar 35 persen kapasitas, sekarang kami naikkan hingga 50 persen dari kapasitas terminal,” kata Andanina

Untuk pelayanan masa kenormalan baru ini, pihaknya tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandar udara, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa.

“Protokol kesehatan tetap diutamakan. Sehingga, pengguna tetap dapat menikmati fasilitas dan pelayanan selama di bandar udara, serta agar supaya risiko penularan virus Corona melalui perjalanan udara dapat diminimalisir. Hal ini menjadi komitmen kami selama masa kenormalan baru ini,” tandas Andanina. *dar

loading...

Komentar