nusabali

LPM Legian Pasang Spanduk Larangan Buang Sampah di Tukad Mati

  • www.nusabali.com-lpm-legian-pasang-spanduk-larangan-buang-sampah-di-tukad-mati

MANGUPURA, NusaBali
Mengantisipasi adanya oknum yang nekat membuang sampah sembarang di kawasan Tukad Mati, Legian, Kecamatan Kuta, Badung, petugas dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Legian memasang sejumlah spanduk imbauan di sepanjang kawasan sungai tersebut, pada Senin (29/6) siang.

Pemasangan spanduk ini juga bagian dari upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan, apalagi kawasan tersebut mulai ditata dan digadang-gadang menjadi objek wisata alternatif.

Ketua LPM Legian I Wayan Puspa Negara, menerangkan pemasangan spanduk itu sejatinya untuk mengingatkan warga agar selalu mematuhi aturan untuk tidak buang sampah sembarang. Apalagi kawasan Tukad Mati sudah ditata dan dilakukan penanaman pohon Tabebuya oleh aparat kelurahan, LPM, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung.

Puspa Negara menjelaskan, kawasan Tukad Mati digadang-gadang menjadi wisata alternatif bagi wisatawan asing maupun domestik. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan ekstra. Meski sejauh ini belum ada oknum warga yang tertangkap tangan membuang sampah sembarang, tapi hal yang paling penting saat ini meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarang. “Selain pemasangan spanduk, ke depannya tim dari LPM terus melakukan pengawasan/patroli sekitar lokasi ini. Hal ini semata untuk menjaga kebersihan dan ketertiban,” tegas Puspa Negara.

Untuk oknum warga yang kedapatan membuang sampah di pinggir Tukad Mati atau ke aliran sungai, akan ada sanksi tegas. Sanksi itu mulai dari pembinaan dengan melakukan aksi bersih-bersih sepanjang kawasan Tukad Mati. Dia berharap, dengan adanya larangan serta ancaman/sanksi, bisa menekan terjadinya pelanggaran.

“Kami berharap masyarakat bersama- sama menjaga kebersihan aliran Tukad Mati ini. Kita menginginkan aliran Tukad Mati tetap bersih,” kata Puspa Negara.

Untuk diketahui, sepanjang bantaran Tukad Mati Legian sudah ditanami pohon Tabebuya oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung dan LPM Legian. Bahkan aksi tanam 400 batang pohon Tabebuya pada Jumat (19/6) dipimpin langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. *dar

loading...

Komentar