nusabali

NasDem Tabanan Setor Tiga Nama ke DPP

Cawabup Koalisi Golkar-NasDem di Pilkada Tabanan 2020

  • www.nusabali.com-nasdem-tabanan-setor-tiga-nama-ke-dpp

Ketua DPD NasDem Tabanan, Wayan Sarjana, meraih nilai tertinggi dalam proses seleksi oleh tim penjaringan partai.

TABANAN, NusaBali
Kandidat Calon Wakil Bupati (Cawabup) dari koalisi Golkar-NasDem untuk Pilkada Tabanan 2020 mulai mengerucut.  Partai NasDem sudah plenokan tiga nama Cawabup, Sabtu (27/6). Tiga calon yang ditetapkan ini akan diserahkan ke DPW NasDem Bali untuk selanjutnya dibawa ke DPP NasDem.

Adapun 3 nama calon yang ditetapkan, yakni I Wayan Sarjana, Ketua DPD NasDem Tabanan, I Wayan Wiryana, sebagai Wakil Ketua DPD NasDem Tabanan dan satu orang non kader, dr I Gusti Ngurah Putra Oka Santosa. Dari ketiga nama tersebut, Wayan Sarjana meraih nilai tertinggi dari proses seleksi oleh tim penjaringan partai.  

Ketua Tim Penjaringan Cabup-Cawabup NasDem Tabanan, I Made Putrayadi, menjelaskan munculnya tiga nama tersebut sudah berdasarkan hasil pleno yang dihadiri oleh pengurus DPC NasDem se-Tabanan, DPD NasDem Tabanan hingga utusan dari DPW NasDem Bali di Sekretariat DPD Nasdem Tabanan. “Rapat pleno digelar Sabtu sekitar 4 jam dari pukul 18.00 Wita-21.00 Wita,” ungkapnya, Minggu (28/6).

Kata Putrayadi, sebenarnya Partai NasDem Tabanan melakukan wawancara terhadap 6 orang Bacawabup, yakni I Wayan Sarjana, I Wayan Wiryana, Bagus Oka Wira Tenaya, Jero Tesan, I Gusti Ngurah Putra Eka Santosa dan I Wayan Catra Yasa.

Namun dari enam orang tersebut tiga orang meraih nilai tertinggi. Mereka adalah I Wayan Sarjana, I Wayan Wiryana dan dr I Gusti Ngurah Putra Oka Santosa yang berasal dari non partai. “Dengan masuknya cawabup dari non partai itu menunjukkan bahwa Partai NasDem adalah partai yang terbuka,” katanya.

Putrayadi menyebutkan munculnya nama yang didapatkan itu berdasarkan penjabaran tim panitia penjaringan yang disampaikan ke peserta pleno. Lalu peserta rapat pleno diberikan kesempatan untuk memunculkan nama dan nomor urut salah satu peserta penjaringan cawabup. “Dan dari semua peserta sepakat memberikan nomor urut 1 kepada pak Wayan Sarjana, selanjutnya Wayan Wiryana dan dr Santosa,” bebernya.

Sedangkan bagi kandidat yang tidak masuk dalam perankingan karena memang ada berkas yang kurang. Seperti pasfoto dan beberapa dokumen yang lain. “Berkas tiga orang nama calon yang ditetapkan ini berikut berita acara rencananya, Senin (29/6) hari ini akan dibawa ke DPW NasDem Bali,” katanya.

Terpisah saat dikonfirmasi Ketua DPD NasDem Tabanan, Wayan Sarjana, yang dijagokan maju sebagai Cawabup Tabanan mendampingi Cabup dari Golkar, mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada DPW dan DPP. Dirinya tidak mau ambisius dan juga tidak mau pesimis. “Kita serahkan seluruhnya ke DPW dan DPP,” tegasnya.

Yang jelas menurutnya jika dicalonkan menjadi Cawabup mendampingi siapapun yang diusung di Partai Golkar, Sarjana mengaku siap 100 persen. “Kemarin (Pilkada Tabanan 2015) dicalonkan Cabup saja siap, sekarang di calon wakil bupati sangat siap 100 persen,” tegasnya.  

Ditegaskan kembali apakah siap diduetkan dengan AA Ngurah Panji Astika alias Turah Panji yang digadang-gadang sebagai Cabup Tabanan dari koalisi Golkar-NasDem? Sarjana mengaku dengan siapapun siap demi perubahan Tabanan yang lebih baik. “Dengan siapapun siap,” tandas Sarjana.

Untuk diketahui Wayan Sarjana adalah politisi kawakan dengan gerbong kuat di Tabanan. Politisi asal Banjar Pacung, Desa/Kecamatan Baturiti, Tabanan ini adalah mantan politisi PDIP dan pindah partai ke NasDem kemudian dipercayai menjadi Ketua NasDem Tabanan pada Maret 2016 lalu.

Sarjana juga sempat diusung NasDem menjadi Calon Bupati Tabanan di Pilkada 2015. Kala itu Sarjana diusung NasDem, bersama Gerindra, Hanura dan Demokrat. Sarjana sendiri adalah mantan anggota DPRD Tabanan melalui Pileg 1999. *des

loading...

Komentar