nusabali

Miss Indonesia 2012 Ines Putri Bawa Bendera Kontingen Bali

  • www.nusabali.com-miss-indonesia-2012-ines-putri-bawa-bendera-kontingen-bali

Miss Indonesia 2012 yang juga atlet golf Ines Putri Tjiptadi Chandra mendapatkan kehormatan sebagai pembawa bendera kontingen PON Bali, saat defile upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (17/9) malam.

BANDUNG, NusaBali

Atlet asal Denpasar itu menjadi pilihan utama sebagai pembawa bendera kontingen asal Pulau Dewata, atas prestasi dan pengalamannya selama ini. Sebab, dia juga sarat akan pengalaman di pentas internasional.

Menurut Ketua Kontingen PON Bali Ketut Suwandi, dipilihnya Ines karena Bali begitu diperhitungkan di ajang multi even empat tahunan. Apalagi, Bali selama ini terkenal hingga luar negeri. Akhirnya, dari atlet delapan cabang olahraga yang sudah ada di Jabar saat ini, Ines diputuskan sebagai pembawa bendera kontingen PON Bali.

“Ines itu Miss Word 2012 dan meraih peringkat 15 besar di ajang Miss Word. Dia juga peraih medali emas dan perak pada tahun 2004 di PON Surabaya, Jawa Timur,” tutur Suwandi.

Dari sisi prestasi, dia juga penyandang wanita termuda yang menjuarai golf Gubernur Bali Cup dan pernah masuk dalam tim nasional golf Indonesia. “Kami yakin dia bisa tampil maksimal. Karena sudah terbiasa dengan disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah. Dan, sempat membawa nama harum Indonesia di bidang olahraga dan budaya pada Miss World 2012,” imbuh Suwandi.

Di PON Jabar ini Ines yang turun di empat nomor, beregu, foursome, foursome campuran (mixed), dan perorangan, diharapkan mendulang medali.

“Dia atlet yang berprestasi, seorang Miss Indonesia. Jadi panji Bali tepat berada di tangan Miss Indonesia yang merupakan duta bangsa,” kata Binpres KONI Bali Nyoman Yamadhiputra. Dari sisi pendidikan, Ines merupakan peraih beasiswa di Universitas Georgia.

“Saya yakin dia wanita yang kuat, berprestasi, anggun, serta dapat menginspirasi banyak orang,” tandas Yamadhiputra.

Sementara itu pelatih golf tim PON Bali Yuda Surya Putra mengaku tersanjung, bangga, dan merasa terhormat. Sebab, salah satu atletnya menjadi pembawa bendera kontingen PON Bali, dari total 362 atlet PON Bali. “Selain sukses menjadi pembawa bendera kontingen, saya harap dia dapat medali. Meskipun rival akan datang dari DKI dan Jatim,” kata Yuda Surya Putra sembari menyebut Ines sudah beberapa kali turun dalam ajang multi even empat tahunan antar-provinsi. Di antaranya PON Palembang, Sumatera Selatan, PON Kaltim, dan absen di PON Riau.

Nah, untuk PON Jabar targetnya tidak muluk-muluk. Sebab atlet andalannya tidak bisa turun di PON lantaran sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat, yakni Ida Ayu Melati, Marselo, dan Victoria. “Kami cukup patok medali perak atau perunggu saja,” kata Yuda Surya Putra.

Sedangkan Ines Putri mengaku gembira dan bangga karena dipilih menjadi pembawa bendera kontingen tim PON Bali. “Saya berusaha melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Dan, bisa berjalan dengan sukses itu sudah syukur,” tutur Ines Putri.

Dia berharap dengan diberikan kepercayaan itu nantinya bisa dibayar tuntas dengan meraih prestasi di PON Jabar. Meskipun mendapat rival berat, tapi dia bertekad untuk all out demi Bali.

“Saya akan berupaya yang terbaik untuk Bali di golf. Karena telah mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera kontingen PON Bali. Dan, itu membuat saya terkejut sekaligus bangga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PB PON Jabar yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mengatakan, ini merupakan malam yang sangat istimewa karena diselenggarakan olahraga terbesar di Indonesia. “Ini kehormatan, tantangan,  dan tanggung jawab besar selaku tuan rumah,” ucap Ahmad Heryawan saat acara pembukaan.

PON Jabar XIX/2016 mempertandingkan 44 cabor dan 756 nomor pertandingan. Memperebutkan 756 medali emas, 756 medali perak, dan 980 medali perunggu. Sumber daya manusia (SDM) yang terlibat sebanyak 9.246 orang. * dek

Komentar