nusabali

Bupati Suwirta Atensi Pemilahan Sampah Plastik di TOSS Centre

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-atensi-pemilahan-sampah-plastik-di-toss-centre

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS Center) di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (15/6) pagi.

Kunjungan tersebut dilakukan sebagai tidak lanjut dari pemantauan  kinerja petugas pemilah sampah plastik sebelumnya. Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana.

Bupati Suwirta melihat sampah masuk sebanyak 15 truk. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada Jumat (12/6), hanya 11 truk. Jika melihat situasi seperti ini terus-menerus hingga akhir Juni 2020, Bupati akan mengkaji untuk bisa menambah tenaga. “Karena kita tidak mungkin membawa sampah plastik ini ke TPA Sente lagi,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta mengaku akan terus berupaya menuntaskan masalah sampah di Kabupaten Klungkung. Dukungan dari masyarakat juga sangat diharapkan untuk ikut membantu pemerintah dalam menuntaskan masalah sampah. Caranya dengan memilah sampah organik dan non organik, serta membuang sampah sesuai aturan yang telah berlaku. “Ikuti peraturan dari pemerintah. Jangan sampai ada masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga sangat mengapresiasi baik atas kinerja dan semangat yang ditunjukkan oleh para petugas DLHP dalam menjalankan tugas. “Mereka sangat bersemangat menjalankan tugas, tentu hal ini juga menjadi perhatian saya. Kami akan mendatangkan tim medis nanti sebulan sekali untuk mengecek kesehatan mereka agar tetap terjaga dengan baik,” ucap Bupati Suwirta.

Dalam pemantauannya, sejumlah sampah medis juga ditemukan seperti sarung tangan, hal ini juga menjadi perhatian bupati. Untuk itu meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah medis sembarangan. Untuk ke depannya agar dikoordinasikan dengan pihak rumah sakit. "Mungkin karena ada yang menjalani perawatan medis di rumahnya jadi dibuang. Kami imbau untuk tidak membuang sampah medis sembarangan," ujarnya. *wan

Komentar