nusabali

Kenaikan Kelas SMA/SMK Secara Online

  • www.nusabali.com-kenaikan-kelas-smasmk-secara-online

AMLAPURA, NusaBali
Kenaikan kelas siswa kelas X dan kelas XI SMA/SMK di Karangasem diberlakukan secara online, Sabtu (13/6).

Tujuannya untuk menghindari kerumunan siswa dan kontak fisik. Siswa cukup mengakses dari rumah masing-masing melalui web sekolah dengan mencari NISN (nomor induk siswa nasional). Ada pula wali kelas mengirimkan nilai rapor ke HP siswa.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Karangasem yang juga Kasek SMAN 1 Amlapura, Wayan Sugiana, mengatakan sesuai Surat Edaran Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Nomor 420/33517/Disdikpora pembagian raport dilakukan online. Siswa cukup mengakses dari rumah masing-masing melalui web sekolah dengan mencari NISN (nomor induk siswa nasional) sehingga keluar nama dan nilai rapor semester kedua. “Kami sudah siap mengunggah nilai rapor siswa. Siswa nantinya dapat kiriman nilai rapor ke masing-masing HP siswa dari wali kelasnya. Sehingga tidak perlu lagi mengakses melalui internet,” jelas Wayan Sugiana, Selasa (9/6).

Dijelaskan, nilai rapor online itu telah berisi nama siswa, tahun ajaran, ranking, dan tandatangan kepala sekolah serta wali kelas yang telah discanner. Disampaikan, jumlah siswa kelas X sebanyak 254 siswa dan kelas XI sebanyak 281 siswa, tidak mungkin didatangkan ke sekolah karena rentan terjadi kerumunan siswa. Termasuk sulit jaga jarak, walau menggunakan masker. Di samping itu orangtua siswa juga kurang berkenan anaknya datang ke sekolah.

Sementara Ketua MKKS SMKN Karangasem yang juga Kasek SMKN Amlapura, I Wayan Artana, siswa cukup mengakses web sekolah, selanjutnya ketik NISN, maka muncul nilai rapor siswa bersangkutan. SMKN Amlapura juga siap menyampaikan rapor secara manual. Terpisah, Kasek SMAN Rendang Putu Sudibawa juga mengatakan, pembagian rapor dilakukan online. “Ada web sekolah yang mengunggah nilai rapor siswa, siswa tinggal ketik NISN, nanti akan didapatkan nilai rapor masing-masing,” jelas Putu Sudibawa. Hal senada diungkapkan Kasek SMAN Bebandem I Ketut Marta Ariana. *k16

loading...

Komentar