nusabali

SMA PGRI Amlapura Gelar Lomba Cipta Puisi Online

  • www.nusabali.com-sma-pgri-amlapura-gelar-lomba-cipta-puisi-online

AMLAPURA, NusaBali
SMA PGRI Amlapura menggelar lomba cipta puisi secara online untuk merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitas) tahun 2020.

Lomba ini diikuti 33 peserta SMP se-Karangasem. Pengiriman naskah berupa video dari tanggal 16-25 Mei 2020. Pengumuman pemenang rencananya pada Kamis (28/5). Hadiah berupa trofi, piagam, dan uang pembinaan.

Ketua Dewan Juri, I Gede Aries Pidrawan, mengatakan peserta menciptakan puisi bertema Belajar dari Covid-19, Karangasem Hebat. Puisi wajib berisi pesan moral, mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus corona. Selain menulis puisi, peserta juga merekam penampilannya dalam membacakan karya puisinya. Video puisi ditayangkan di medsos milik peserta dan dikirim ke panitia lomba di SMA PGRI Amlapura. Selanjutnya SMA PGRI Amlapura menayangkan video itu di medsos sekolah.

Dalam penilaian puisi, Gede Aries Pidrawan dibantu Wisna Simenes dan I Wayan Kerti. Dewan juri memberikan penilaian karya peserta lomba melalui tayangan video di medsos SMA PGRI Amlapura. “Secara kualitas hasil karya puisi anak-anak SMP lumayan bagus, rata-rata berbakat. Perlu dibina lebih lanjut agar bakat mereka lebih bisa dioptimalkan,” jelas Gede Aries Pidrawan, Senin (25/5). Jika situasi belum memungkinkan menghadirkan peserta saat penyerahan hadiah, maka hasilnya nanti dibawakan ke sekolah masing-masing. Hadiah berupa trofi, piagam, dan uang pembinaan.

Dewan juri juga menetapkan juara favorit bagi peserta yang paling banyak dapat like. Lomba ini juga bermanfaat untuk memotivasi siswa agar lebih kreatif berkarya dan lebih termotivasi belajar dari rumah. Selama ini siswa jenuh belajar di rumah, tidak pernah bertemu guru pengajar, dan teman-teman sekolahnya. Dewan Juri I Wayan Kerti juga menilai cukup banyak siswa berbakat bidang cipta puisi. “Lumayan juga lomba ini, bisa memotivasi siswa berbakat bidang cipta puisi. Saya baru melakukan penilaian sebagian, belum tuntas,” kata Wayan Kerti, Ketua MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Indonesia SMP Negeri Karangasem.

SMA PGRI Amlapura juga menggelar lomba menulis essai dengan tema yang sama. Sementara baru 14 naskah yang diterima dewan juri, naskah juga dikirim lewat online. Dewan juri, Ketua I Gede Aries Pidrawan dibantu I Gusti Ayu Adi Rahayuni dan I Gusti Ngurah Sastra. *k16

loading...

Komentar