nusabali

170-an Warga Ukraina Tercecer di Bali

Terdampak Pandemi Covid -19

  • www.nusabali.com-170-an-warga-ukraina-tercecer-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 170-an warga Ukraina yang sebagian besar merupakan wisatawan masih tercecer di Bali.

Mereka belum bisa pulang ke negaranya karena  lockdown akibat pandemi Covid-19. Warga Ukraina tersebut tinggal di sejumlah kawasan wisata di Bali, diantaranya Uluwatu, Canggu, Ubud, Sanur, dan Candidasa.

“Karena sudah kehabisan uang, wisman Ukraina tersebut bertahan  seadanya. Untuk tempat tinggal misalnya mereka mencari penginapan dengan sewa sangat murah,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali I Nyoman Astama di sela-sela kegiatan Hotelier Peduli Media di Hotel Sovereign, Tuban, Kuta, Badung, Senin (25/5).

Astama yang merupakan konsul kehormatan Ukraina di Bali, mengatakan, untuk masalah visa, tidak ada masalah dengan para wisman Ukraina tersebut. “Namun yang jadi masalah, mereka sudah tidak punya cukup biaya untuk bertahan di Bali. Sehingga meminta pemerintahnya untuk memulangkan mereka,” ujarnya. Dikatakan Astama, untuk masalah penerbangan carter masih dibicarakan dan diupayakan karena penerbangan komersial untuk sementara tidak ada.

Sebelumnya  174 warga Ukraina yang tercecer di Bali karena pandemi Covid -19 diangkut pulang ke negaranya. Mereka dijemput Selasa (19/5) lalu dengan pesawat carter. “Selain 174 warga Ukraina, juga ikut dipulangkan 3 warga Rusia, 2 warga Moldova dan 1 warga Kazakhtan,” kata Astama.  

Untuk diketahui, Ukraina merupakan salah satu pasar wisata baru bagi Bali di kawasan Eropa Timur. Mereka sudah mulai ramai berdatangan ke Pulau Dewata sejak setahun lalu. Umumnya mereka datang secara ber-group. “Mirip seperti awal-awal kedatangan wisman Jepang dan Korea,” tambah Ketut Swabawa, Wakil Ketua II DPD IHGMA Bali.*k17

loading...

Komentar