nusabali

Satu PMI dari Penebel Sembuh dari Covid-19

  • www.nusabali.com-satu-pmi-dari-penebel-sembuh-dari-covid-19

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan mengkonfirmasi satu pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

Pasien yang sembuh tersebut merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kecamatan Penebel yang sebelumnya dirawat di UPTD Rumah Sakit Nyitdah, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan satu pasien yang dinyatakan sembuh adalah PMI asal Kecamatan Penebel. Pasien sebelumnya dinyatakan sembuh setelah menjalani swab sebanyak 2 kali dan hasilnya negatif. “Sekarang pasien PMI ini sudah pulang dijemput keluarga,” kata Dian Setiawan, Selasa (19/5).

Dengan adanya penambahan 1 pasien yang sembuh, saat ini total masyarakat Tabanan yang masih dirawat karena positif Covid-19 berjumlah 4 orang. Sementara total pasien sembuh berjumlah 12 orang, dan total akumulatif warga Tabanan yang positif Covid-19 sebanyak 16 orang.

Sementara kelanjutan kontak tracing terhadap 2 PMI yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, total berjumlah 25 orang. Ada penambahan 1 orang yang berhasil ditemukan gugus tugas dari luar desa. Namun hasilnya non reaktif. “Gugus tugas sudah terus menelusuri total kontak tracing terhadap 2 PMI yang positif berjumlah 25 orang,” imbuh Dian Setiawan.

Sementara itu, wacana konsep berdamai dengan Covid-19 atau melakukan pelayanan di era Covid-19, diakui Dian Setiawan, telah dilakukan sejumlah kegiatan. Seperti melatih sebanyak mungkin petugas kesehatan agar bisa mengambil swab tes secara benar. Hal itu karena pengambilan swab tes akan semakin banyak dilakukan di rumah sakit maupun di luar, maka perlu petugas/relawan terlatih.

Selain itu BRSUD Tabanan juga akan melakukan pelatihan swab tes secara bergelombang di lab RS Nyitdah dan Tabanan. “Kegiatan tersebut masih dipikirkan secara matang dan benar, agar penanganan virus Covid-19 benar-benar dapat dikendalikan,” kata Dian Setiawan.

Dian Setiawan kembali mengingatkan agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah. Yang terpenting selalu cuci tangan dengan sabun di air mengalir, wajib gunakan masker, hindari keramaian, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Olahraga yang rutin, minum vitamin agar imun kita semua bagus sehingga terhindar dari virus,” tandasnya. *des

loading...

Komentar