nusabali

Sudikerta Pun Dikecam

  • www.nusabali.com-sudikerta-pun-dikecam

Dewa Nida tuding ada ambisi jabatan, Sugawa Korry minta Musda disiapkan dengan matang karena jadi acuan 5 tahun ke depan.

Sayangnya, Ketua DPD I Golkar Bali Ketut Sudikerta belum bisa dikonfirmasi terkait kecaman kader Beringin atas lobi untuk percepat Musda sebelum Pilkada 2015 serentak. Saat politisi yang Wakil Gubernur Bali ini dihubungi per telepon, Minggu kemarin, terdengar nada sambung namun ponselnya tidak diangkat.

Sudikerta sendiri sebelumnya dikabarkan berhasil melobi Ketua Umum DPP Golkar, Aburizal Bakrie alias Ical, untuk minta restu agar Musda tetap bisa digelar 18 November 2015 ini. Lobi tersebut dilakukan Jumat (13/11) malam, ketika Sudikerta senganja to-ngkrongi kedatangan Ical di Bandara Internasional Ngurah Rai Tuban (Kecamatan Kuta, Badung) hingga ke penginapannya di Hotel Best Western, Kuta.

Saat bermanuver melobi Ical malam itu, Sudikerta didampingi Sekretaris DPD I Golkar Bali Putu Yuda Suparsana. Intinya, Sudikerta mohon restu agar Musda Golkar Bali tetap bisa digelar 18 November 2015 ini. Percepatan Musda ini dilakukan buat memuluskan langkah Sudikerta kembali naik ke kursi Ketua DPD I Golkar Bali periode 5 tahun ke depan. Hebatnya, lobi Sudikerta mendapat lampu hijau dari Ical. Padahal, secara nasional, Musda Golkar Provinsi se-Indonesia diagendakan baru berlangsung 1 Juni 2016 hingga 30 Juli 2016.

Dingan dipercepatnya pelaksanaan Musda, maka peluang Sudikerta untuk kembali terpilih menjadi Ketua DPD I Golkar Bali periode 5 tahun ke depan menjadi semakin terbuka. Sebab, dia telah menutup calon lawan-lawannya untuk menggalang dukungan secara maksimal.

Dua figur yang selama ini digadang-gadang bakal menjadi penantang Sudikerta dalam perebutan Ketua DPD I Golkar Bali melalui Musda adalah Nyoman Sugawa Korry dan Wayan Geredeg. Sugawa Korry merupakan politisi senior Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang kini menjabat Ketua DPD II Golkar Buleleng dan sekaligus Wakil Ketua DPRD Bali.

Sedangkan Wayan Geredeg adalah politisi Golkar asal Banjar Kreteg, Desa Sibetan, Kecamatan Karangasem. Saat ini, Wayan Geredeg---yang notabene ayah dari anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Karangasem, Ni Putu Yuli Artini---masih duduki kursi Ketua DPD II Golkar Karangasem. Selain itu, mantan Bupati Karangasem dua kali periode (2005-2010 dan 2010-2015) ini juga merangkap Wakil Bendahara Umum DPP Golkar versi Munas Nusa Dua. Sebaliknya, Ketut Sudikerta adalah kandidat incumbent yang masih menjabat Ketua DPD I Golkar Bali 2009-2015 dan sekaligus Wakil Gubernur Bali.

Komentar