nusabali

18 PMI Bagi-bagi Bingkisan ke Petugas Hotel Jimbarwana

  • www.nusabali.com-18-pmi-bagi-bagi-bingkisan-ke-petugas-hotel-jimbarwana

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 18 pekerja migran Indonesia (PMI) kloter pertama dipulangkan setelah 14 hari menjalani karantina di Hotel Jimbarwana, Negara, Selasa (28/4) pagi.

Kepulangan mereka dilepas langsung Bupati Jembrana, I Putu Artha. Begitu dipulangkan, belasan PMI ini justru langsung bagikan bingkisan sembako dan masker kepada petugas hotel, sebagai ungkapan terimakasih.

Selain Bupati Putu Artha, pelepasan kepulangan 18 PMI di Hotel Jimbarnawa yang berlokasi di Jalan Udayana Negara, Selasa pagi pukul 09.00 Wita, juga dihadiri Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana. Pelepasan terhadap 18 PMI yang sudah selesai karantina 14 hari ini ditandai penyerahan surat keterangan sehat oleh Bupati Artha.

Ke-18 PMI ini merupakan bagian dari 63 PMI yang menjalani karantina di Hotel Jimbarwana, sepulang dari luar negeri. Mereka telah dinyatakan negatif berdasar pemeriksaan rapid test kedua, Sabtu (25/4) lalu. Namun, yang dipulangkan Selasa kemarin adalah 18 PMI gelombang pertama yang telah menjalani karantina sejak Rabu (15/4) lalu.

Juru Bicara Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, mengatakan untuk sisa 45 PMI yang karantina di Hotel Jimbarwana rencananya akan menyusul dipulangkan. Untuk 42 PMI yang dikarantina mulai 16 April 2020, rencananya akan dipulangkan Rabu (29/4) ini. Kemudian, 3 PMI yang karantina mulai 17 April 2020, akan dipulangkan Kamis (30/4) besok. “Jadi, besok (hari ini) kembali akan kembali dipulangkan 42 PMI, disusul 3 orang lagi keesokan harinya,” jelas dr IGA Putu Arisantha.

Sedangkan Bupati Putu Artha mengapresiasi para PMI yang sudah tertib dan disiplin menjalani prosedur karantina. Harapannya, setelah kembali ke tengah masyarakat nanti, para PMI tetap menerapkan prosedur pencegahan Covid-19. Bahkan, para PMI diharapkan menjadi contoh, sehingga lebih banyak masyarakat yang sadar untuk menjalankan prosedur pencegahan Covid-19.

“Kita berharap PMI yang sudah selesai karantina ini, ketika kembali ke masyarakat, dapat membantu pemerintah daerah mengedukasi masyarakat. Sekaligus juga ikut mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan virus Corona,” ujar Bupati yang juga yang juga Ketua Gugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana.

Sementara, di akhir acara pelepasan kloter pertama PMS pasca karantina, Selasa kemarin, 18 PMI langsung membagi-bagikan bingkisan. Koordinator PMI Karantina di Hotel Jimbarwana, I Gusti Putu Arsana, memimpin langsung aksi bagi-bagi bingkisan berupa sembako dan masker kepada petugas hotel.

Menurut IGP Arsana, bagi-bagi bingkisan ini sebagai ungkapan terima kasih kepada petugas hotel dan juga petugas medis, yang turut membantu para PMI selama proses karantina. “Ini bentuk terima kasih kami atas dorongan motivasi kepada teman-teman yang bertugas di hotel, seperti Satpam dan tenaga cleaning service. Mereka turut mendampingi kami selama proses karantina,” ujar Arsana.

Apresiasi serupa juga disampaikan Arsana untuk petugas Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 atas penerimaan dan pelayanan mereka selama proses karantina ini. Para PMI juga tak lupa mengapresiasi pihak TNI/Polri. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang terlibat dalam karantina. Mereka selalu memastikan proses karantina berlangsung aman dan nyaman. Khusus kepada tim medis yang bertugas, kami berterima kasih karena mereka terus memantau dan memastikan kesehatan kami para PMI,” katanya. *ode

Komentar