nusabali

Sejumlah Negara Mulai Pulangkan Warganya dari Bali

PMI Berdatangan Melalui Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-sejumlah-negara-mulai-pulangkan-warganya-dari-bali

MANGUPURA, NusaBali
Dalam kurun waktu sepekan terakhir, sejumlah negara mulai memulangkan warganya yang sedang berlibur di Bali.

Bahkan, mereka dijemput menggunakan pesawat carteran. Pemulangan ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona yang sedang merebak di sejumlah negara termasuk Indonesia. Di sisi lain, Pemerintah Indonesia juga memulangkan para pekerja migran (PMI) dari berbagai negara melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Elfi Amir, menerangkan dalam catatannya, ada beberapa negara yang sudah memulangkan wisatawan dari Bali dan ada juga yang baru akan terealisasi dalam beberapa hari ke depan. Adapun negara yang sudah memulangkan warganya adalah Lithuania, Polandia, Prancis, Jerman, Austria, dan Brasil. Sementara, dalam jadwal yang sudah diterimanya dan akan terealisasi dua hari ke depan ada Spanyol dan Portugal. “Untuk negara yang sudah memulangkan warganya dari Bali ini sudah ada 7 termasuk China. Tapi, China kan sejak Februari lalu, sementara kalau yang baru-baru ini ada 6 dan rencananya besok (hari ini) dan lusa (besok) ada dua negara lagi yang mau melakukan evakuasi,” beber Elfi Amir saat dikonfirmasi, Selasa (31/3) sore.

Meski tidak membeberkan jumlah warga masing-masing negara, Elfi Amir  menyebut gelombang pemulangan wisatawan tersebut diperkirakan akan terus terjadi. Hal ini lantaran penyebaran Covid-19 berlangsung cepat dan terjadi di seluruh penjuru dunia. Diakuinya, negara yang memulangkan wisatawan terbanyak adalah Jerman. “Untuk data pastinya itu saya tidak rinci. Tapi, yang terbanyak dari Jerman. Untuk wisatawan asal Jerman itu ada tiga kali penjemputan menggunakan pesawat carteran. Semalam (Senin, 30/3) ada 400-an, dan nanti malam (Selasa, 31/3) ada sekitar 500-an,” beber Elfi Amir.

Sementara itu, gelombang pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari berbagai negara juga terus berlangsung. Para pekerja migran yang bekerja di kapal pesiar di sejumlah negara itu pulang melalui Bandara Ngurah Rai. Menurut Elfi Amir, proses penanganan terkait pemulangan wisatawan dari Bali dan PMI dari berbagai negara ke Bali jauh berbeda. Pasalnya, untuk PMI yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai harus melewati serangkaian pemeriksaan oleh petugas KKP dan stakeholder di bandara. “Jauh lebih berat kalau ada PMI yang datang, daripada pemulangan wisatawan asing ke negaranya. Karena kita harus benar-benar jeli memeriksa kesehatan,” Elfi Amir. *dar

loading...

Komentar