nusabali

Nyepi di Nusa Penida Tanpa Listrik, Internet dan Layanan PDAM

  • www.nusabali.com-nyepi-di-nusa-penida-tanpa-listrik-internet-dan-layanan-pdam

SEMARAPURA, NusaBali
Pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (25/3), sehari penuh tanpa listrik, internet hingga tanpa pelayanan PDAM.

Suasana ini berlangsung turun-temurun sejak ada pembangkit listrik di Nusa Penida tahun 1990an. Hal ini sempat menuai pro-kontra seiring pesatnya perkembangan pariwisata Nusa Penida, hingga dibahas dalam rapat Mejelis Adat Desa Pakraman (MADP) Nusa Penida, PHDI, perbekel, desa adat dan pihak terkait tahun 2017.

Pelaku pariwisata terutama pemilik hotel, restoran, sempat mengeluhkan tanpa listrik. Karena wisatawan yang terlanjur booking tempat untuk merasakan suasana Nyepi di Nusa Penida kesulitan tanpa energi listrik. Namun upaya untuk merubah hal tersebut belum membuahkan hasil.

Sehingga untuk Nyepi dari tahun ke tehun di Nusa Penida tetap tanpa listrik, internet dan pelayanan PDAM. Pelayanan PDAM juga terhenti karena pompa PDAM digerakkan dengan listrik. “Untuk itu kami sudah imbau lewat surat edaran agar masyarakat menampung air PADM untuk persiapan Nyepi, sehari setelah Nyepi saat Ngembak Geni, pelayanan PDAM kembali dilakukan,” ujar Dirut PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa, kepada NusaBali, Senin (23/3).

Sementara itu, Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra, mengatakan pemberlakuan pemadaman listrik di Nusa Penida berlangsung saat Nyepi, dimulai dari 25 Maret dari pukul 05.30 Wita - 26 Maret pukul 06.30 Wita. Untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit diberikan kebijakan menggunakan genset. “Bagi anggota keluarga jika ada dalam kondisi sakit parah dan membutuhkan penerangan dalam perawatannya, dalam kondisi kegawatdaruratan itu pun dilakukan saat dibutuhkan yang teknisnya di atur di masing-masing desa,” ujarnya.*wan

loading...

Komentar