nusabali

Pemkab Badung Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-bentuk-satgas-penanggulangan-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Pemkab Badung membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Badung, untuk mencegah penyebaran virus Corona. Hal itu terungkap saat rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Rabu (18/3), di Puspem Badung.

Sekda Adi Arnawa menjelaskan bahwa Bupati telah mengeluarkan Keputusan Bupati Badung Nomor 104/056/HK/2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan Corona Virus Disease di Kabupaten Badung. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan upaya pencegahan penularan Covid-19, sehingga diperlukan tim terpadu yang bekerja sinergis.

Tim terpadu terdiri dari lima Satgas yaitu Satgas Kesehatan yang dikoordinir Kadis Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, Satgas Area dan Transportasi Publik sebagai koordinator Kadis Perhubungan Badung AA Ngurah Rai Yuda Dharma, Satgas Area Institusi Pendidikan koordinatornya Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika, Satgas Komunikasi Publik dikoordinir oleh Kadiskominfo Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, dan Satgas Pintu Masuk Kabupaten Badung dengan Koordinator Kepala Badan Kesbangpol Badung I Nyoman Suendi. “Masing-masing Satgas telah dilengkapi protokol penanganan Covid-19,” kata Adi Arnawa.

Masing-masing Satgas mempunyai tugas terpadu untuk menyelenggarakan kewaspadaan dan penanggulangan Covid-19 secara menyeluruh sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. “Masing-masing Satgas akan memberikan laporan perkembangannya setiap hari kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta,” imbuhnya.

Menurut Adi Arnawa, bahwa segala biaya yang ditimbulkan dalam menanggulangi wabah Covid-19 di Kabupaten Badung sepenuhnya menggunakan dana APBD. “Pembentukan satgas ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Tapi yang lebih penting adalah agar masyarakat senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui makan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat cukup, cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam. Mari kita bergerak bersama memerangi virus Corona,” tandas Adi Arnawa. *asa

Komentar