nusabali

BKKBN Kukuhkan Duta GenRe Denpasar 2020

  • www.nusabali.com-bkkbn-kukuhkan-duta-genre-denpasar-2020

DENPASAR, NusaBali
SMA Saraswati Denpasar berhasil memborong juara Duta Generasi Berencana Kota Denpasar yang dilangsungkan Kamis (15/03/2020) di IKIP PGRI Bali.

Mereka adalah, I Nengah Vyasa Pedoman dan Desak Made Diah Aristiani. Keduanya mengaku tidak menyangka akan mendapat predikat juara karena pemilihan duta ini merupakan kali pengalaman pertama bagi mereka.

Kendati begitu, siswa kelas X dan XI ini mengaku bangga dan siap mengemban tugas selama satu tahun ke depan. Pemilihan Duta GenRe Kota Denpasar tahun 2020 ini mengusung tema Duta GenRe Kota Denpasar Sebagai Pencetus Program Inovasi Untuk Mewujudkan Generasi Berpengaruh Positif Di Era Revolusi Industri 4.0.

Acara yang digawangi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar ini diikuti oleh 58 peserta dari Universitas maupun SMA/K se-kota Denpasar.

Untuk mendapat gelar Duta GenRe para peserta mengikuti serangkaian tes. Dimulai dari Post Test dan Wawancara pada tanggal 7 Maret 2020, lalu Tes Presentasi Program Kerja pada 8 Maret 2020. Puncaknya ialah pada Grand Final yang dilaksanakan pada 15 Maret 2020.

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyampaikan pemuda merupakan potensi sumber daya manusia dan berperan sebagai ujung tembak penerus bangsa memikul tanggung jawab besar sehingga perlu dibina untuk menjalani masa transisi menuju masa dewasa.

Ia juga mengatakan pemerintah indonesia saat ini tengah berkonsentrasi dalam upaya pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, mandiri, dan berkepribadian. Salah satu langkah yang dilakukan ialah melalui program pemilihan Duta Generasi Berencana.

Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) sendiri merupakan ajang tahunan yang diadakan di bawah lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pemilihan ini bertujuan mencari remaja putra maupun putri terbaik di berbagai daerah di Indonesia.


Ajang ini juga merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang dapat diikuti oleh remaja. Menjadi Duta GenRe tidaklah mudah, harus memiliki komitmen, visi misi, dan program yang nantinya akan terlaksana jika terpilih menjadi duta. Diharapkan nantinya para pemenang dapat menjadi role model bagi remaja.

Pemilihan Duta GenRe dimulai dari tingkatan paling bawah, yaitu di mulai dari tingkat kampus/desa, lalu tingkat kabupaten. Selanjutnya yang telah terpilih menjadi Duta GenRe tingkat kota akan bertanding diajang Provinsi untuk kemudian memperebutkan gelar terbaik di tingkat Nasional. *

loading...

Komentar