nusabali

323 Siswa SMA Bersaing Rebut Tiket KSN Provinsi

  • www.nusabali.com-323-siswa-sma-bersaing-rebut-tiket-ksn-provinsi

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 323 siswa SMA negeri, SMA swasta, dan  Madrasah Aliah Negeri Karangasem bersaing memperebutkan tiket ke KSN (Kompetisi Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali.

Ada sembilan mata pelajaran yang dilombakan. Lomba KSN Tingkat Kabupaten Karangasem digelar di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati, Selasa (10/3). Juara I, II, dan III di masing-masing mata pelajaran yang berhak melaju ke KSN Provinsi Bali.

Lomba KSN Tingkat Kabupaten Karangasem dibuka Ketua MKPS (Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah) I Gede Jabang. Menurut Gede Jabang, panitia menyiapkan waktu bervariasi untuk setiap mata pelajaran. Ada 3 jam, ada pula yang 2,5 jam. “Kunci jawaban baru datang dari Provinsi Bali pukul 11.00 Wita, berlanjut memeriksa lembar jawaban,” ungkao Gede Jabang. Dia meyakinkan tidak ada soal bocor ataupun kunci jawaban bocor.

Ketua Panitia yang juga Kasek SMAN Bebandem, I Ketut Marta Ariana, menyertakan 27 siswanya untuk mengikuti lomba di sembilan mata pelajaran. Tiap mata pelajaran menyertakan 3 siswa. “Targetnya mampu memenangkan KSN Tingkat Kabupaten Karangasem sebanyak tiga gelar juara,” ungkap Marta Ariana. Sembilan mata pelajaran dilombakan yakni astronomi, kebumian, geografi, fisika, matematika, biologi, kimia, computer, dan ekonomi.

Kasek SMAN 1 Amlapura Wayan Sugiana juga pasang target minimal memenangkan tiga gelar juara. Diakui, persaingan cukup berat dan ketat. “Optimis minimal memenangkan tiga gelar juara untuk tahun ini,” jelasnya. Dari pengalaman lomba KSN tingkat kabupaten sebelumnya, SMAN 2 Amlapura selalu mendominasi. Tahun lalu kesembilan gelar juara I dimenangkan siswa SMAN 2 Amlapura. “Target saya bukan sekadar menang di KSN Kabupaten Karangasem lalu lolos ke KSN Provinsi, sedapat mungkin lolos ke KSN Tingkat Nasional,” ungkap Kasek SMAN 2 Amlapura, I Nengah Miyasa. *k16

loading...

Komentar