nusabali

Enam Calon Kadis PPKB Jalani Tes Wawancara

  • www.nusabali.com-enam-calon-kadis-ppkb-jalani-tes-wawancara

Proses lelang jabatan terbuka untuk Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Tababan, terus berlanjut.

TABANAN, NusaBali
Tahapannya kini, enam peserta lelang atau pelamar tersebut mengikuti tes wawancara dan presentasi makalah, Jumat (27/2). Sebelumnya, enam peserta ikut lelang Kadis PPKB ini sudah mengikuti tes asesment pada Senin (23/2). Kemudian pada Kamis (27/2) dilanjutkan tes rekan jejak dan penulisan makalah.

Kepala Dinas Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabanan Wayan Sugatra mengatakan, tahapan tes wawancara ini ada lima penguji baik penguji eksternal dan internal. Penguji exsternal terdiri dari dua orang dari akademisi, satu orang dari Kanreg, satu lagi dari BPSDM Provinsi Bali. Penguji  dari internal Ketua Pansel, yakni Sekda Tabanan. "Total ada lima anggota pansel, dari unsur eksternal lebih banyak," ujarnya.

Kata dia, untuk tahapan tes wawancara dan presentasi ini memaparkan terobosan dan inovasi yang telah dibuat. Ketika nanti terpilih menjadi Kadis PPKB, inovasi itulah yang dijalankan. "Tadi (kemarin,Red) tes dari pukul 08.00 Wita, waktu presentasi 15 menit dan 30 menit pendalaman," kata Sugatra.

Menurutnya dalam tahapan tes tersebut tidak ada sistem gugur. Sebab seluruh hasil tes akan dikomulatifkan kemudian dipilih tiga besar. "Jadi tidak ada sistem gugur, semua peserta dilakukan tes," tutur mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan ini.

Dia berjanji akan mengumumkan secepatnya hasil pleno tersebut, kemungkinan usai hari raya Kuningan. Setelah tahapan ini akan dijadwalkan kembali untuk menggelar pleno hasil tes. "Secepatnya kami umumkan usai hari raya," aku Sugatra.

Lanjut dia, setelah tahapan tes ini selesai, hasil tes akan disampaikan ke PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) yang dalam hal ini bupati. Selanjutnya disampaikan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) di Jakarta. Selanjutnya turun rekomendasi dari KASN. Sebelum pelantikan calon pejabat ini, BKPSDM Tabanan akan mohon izin tertulis ke Mendagri. Karena pelantikan ini pada masa Pilkada serentak sesuai dengan surat edaran Bawaslu. "Ini supaya benar, bahwa lelang jabatan ini telah diselenggarakan sesuai aturan dan tidak ada unsur politik meskipun," tandas Sugatra.

Adapun enam peserta lelang jabatan Kadis PPKB Tabanan adalah Camat Penebel I Gusti Ayu Nyoman Supartiwi. Kabag Humas Setda Tabanan I Ketut Ridia, Wadir BRSU Tabanan Luh Gede Sukardiasih. Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), I Wayan Sukanrayasa, Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Ni Wayan Mariati dan Inspektur Pembantu Wilayah 3 I Nengah Wisnu Wardana.

Salah seorang peserta Ni Wayan Mariati mengatakan latar belakang ikut lelang Kadis PPKB ingin menggerakkan OPD dan PPKB dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Dia mengawali karir di PPKB sebagai penyuluh. "Jadi saya ada back ground dan sering mengikuti pelatihan tentang PPKB," katanya.

Untuk mengikuti lelang terbuka kali ini Mariati membuat makalah ‘Tabanana Strategi Garda Jagaditha’. "Gerakannya lebih ke basis budaya, ciptakan masyarakat yang sejahtera bahagia dan harmonis," tandasnya.*des

Komentar