nusabali

Kadis PMD Calon Kuat Sekda Karangasem

  • www.nusabali.com-kadis-pmd-calon-kuat-sekda-karangasem

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Karangasem, I Nengah Mindra, menjadi calon terkuat Sekda Kabupate Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Buat sementara, Nengah Mindra menduduki tangga teratas nilai kumulatif tahap uji kompetensi dan pembuatan makalah & tes wawancara dalam seleksi calon Sekda Karangasem yang dilakukan Tim Panitia Seleksi (Pansel).

Ketua Pansel Calon Sekda Karangasem, Ir I Ketut Lihadnyana MMA, memaparkan nilai kumulatif yang diperoleh Nengah Mindra saat ini adalah 157,8. Rinciannya, 72,0 untuk uji kompetensi serta 85,8 untuk pembuatan makalah dan tes wawancara. Birokrat asal Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem ini mengungguli 4 kandidat lainnya: I Wayan Purna, I Wayan Ardika, I Ketut Sedana Merta, dan dr I Gusti Bangus Putra P.

Wayan Purna yang kini menjabat Asisten I Setda Kabupaten Karanhasem, buat sementara berada di pisisi kedua dengan nilai kumulatif 155,6. Sedangkan I Wayan Ardika yang kini Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Karangasem, berada di peringkat tiga dengan nilai 155,2. Sementara I Ketut Sedana Merta yang kini menjabat Kadis Pariwisata Karangasem, menduduki peringkat empat dengan nilai 152,6. Sebaliknya, dr I Gusti Bangus Putra yang kini menjabat Kadis Kesehatan Karangasem, berada di posisi buncit dengan nilai 149,2.

“Ini baru hasil sementara, belum final. Masih ada satu tahapan seleksi lagi, yakni rekam jejak kandidat,” ungkap Ketut Lihadnyana yang kini Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Provinsi Bali saat dikonfirmasi NusaBali, Jumat (21/2).

Menurut Lihadnyana, penilaian uji kompetensi serta pembuatan makalah dan tes wa-wancara, yang menempatkan Nengah Mindra di posisi teratas nilai kumulatif, dilakukan oleh Tim Pansel Calon Sekda Karangasem yang berjumlah 5 orang. "Setiap anggota Pansel memiliki otoritas masing-masing, bukan saya saja yang memberikan nilai," papar Lihadnyana.

Tim Pansel Calon Sekda Karangasem ini terdiri dari Ir I Ketut Lihadnyana MMA (Kepala BKD Provinsi Bali yang bertindak sebagai ketua), I Wayan Suarjana SE MT (Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali), I Made Madri SH MSI (mantan Sekda Karangasem, dari unsur profesional), Dr AA Ngurah Oka Suryadinata Gorda SE MM (akademisi dari Undiknas Denpasar), dan Dr Ni Nyoman Sunariani MM (akademisi dari Undiknas Denpasar).

Lihadnyana menyatakan, dirinya tidak kenal dengan satu pun dari 5 kandidat calon Sekda Karangasem ini, termasuk Nengah Mindra. Disebutkan, ketika Nengah Mindra menjadi Kadis PMD Karangasem, Lihadnyana sudah tidak lagi menjabat Kadis PMD Provinsi Bali karena telah dialihkan sebagai Kepala BKD Provinsi Bali.

Dia pun memastikan penilai kandidat calon Sekda Karangasem dilakukan secara objektif. "Saya tidak punya kepentingan apa-apa, kecuali meloloskan calon Sekda Karangasem yang memiliki kemampuan hebat dan mampu mengoordinasikan OPD," tegas birokrat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng ini.

Menurut Lihadnyana, meski menduduki tangga teratas buat sementara, Nengah Mindra belum tentu akan terpilih menjadi Sekda Karangasem. Masih ada satu tahapan penilaian berikutnya, yakni rekam jejak yang dilaksanakan 10-28 Februari 2020. Nantinya, pengumuman peringkat 3 besar calon Sekda Karangasem baru akan dilakukan 2 Maret 2020. Nah, peringkat 3 besar itulah yang salah satunya bakal dipilih menjadi Sekda Karangasem. *k16

loading...

Komentar