nusabali

Sekda Targetkan Tender Proyek Kelar Maret 2024

  • www.nusabali.com-sekda-targetkan-tender-proyek-kelar-maret-2024

AMLAPURA, NusaBali - Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta menargetkan agar semua OPD (organisasi perangkat daerah) Karangasem yang melakukan tender pengadaan barang dan jasa kelar Maret 2024.

"Jangan molor lagi, tender mesti kelar Maret 2024. Jangan sampai Desember masih ada yang melaksanakan pekerjaan," pinta Sekda Sedana Merta kepada segenap pimpinan OPD pada sosialisasi pelaksanaan tender di Aula Sabha Widya Praja, Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Jalan Veteran, Amlapura, Rabu (24/1).

Dengan tender Maret, katanya, maka akan cukup banyak waktu melaksanakan pekerjaan di lapangan terutama pekerjaan konstruksi. Dengan demikian, serapan anggaran akan cukup tinggi.

Sekda Sedana Merta menyoroti OPD yang memiliki pekerjaan fisik cukup banyak, seperti Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, dan yang lainnya. "Kalau tender berjalan, setelah dokumen lengkap diproses di bagian PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) hanya memerlukan waktu 18 hari, apalagi telah terbentuk kelompok kerja (pokja)," tambah mantan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Karangasem.

Sekda Sedana Merta juga mengingatkan pokja agar di tahun 2024, tidak ada yang gagal tender. Jika pekerjaan tengah berjalan agar tidak ada rekanan yang lari dari tanggungjawab atau tidak menyelesaikan pekerjaannya sehingga berbuntut diblacklist. Berdasarkan catatan di tahun 2016 sempat terjadi 2 ruas jalan gagal tender di tender tahap I, akhirnya tender tahap II dibuka muncul rekanan mengajukan penawaran dan segala persoalan teknis tertangani, sehingga kedua program bisa berjalan. Dua proyek jalan yang sempat mangkrak sejak tahun 2014, yakni jalan Banjar Delundungan menuju Banjar Darmaji, Desa Ban, Kecamatan Kubu sepanjang 4,5 kilometer, dengan biaya Rp 2,2 miliar. Satu ruas jalan lagi jalan lingkar Pura Pasar Agung menuju Desa Sebudi, Kecamatan Selat senilai Rp 1,71 miliar.

Kabag PBJ Setdakab Karangasem I Gusti Bagus Budiadnyana yang mendampingi Sekda Sedana Merta mengakui, target tuntas tender Maret 2024. Syaratnya bagi yang hendak menggelar tender konstruksi misalnya,, setor DED (detail engineering design), DAK (kerangka acuan kerja), kepastian lahan, dokumen tender, selanjutnya disetor ke bagian PBJ, kemudian Pokja yang terdiri dari 7 anggota di dalamnya melakukan review.

"Jadi Maret 2024, tender telah kelar dan sudah tandatangani kontrak kerja, April mulai bekerja di lapangan," jelas Budiadnyana.

Syarat peserta tender, katanya, surat keterangan wajib pajak, memiliki pengalaman kerja, ada akta pendirian perusahaan, surat kuasa bagi yang menguasakan, mengisi syarat kualifikasi administrasi surat dukungan, memiliki surat izin usaha, memiliki nomor induk berusaha, menyetujui fakta integritas dan lain-lain.7k16

Komentar