nusabali

Shin Tae-yong Panggil 34 Pemain

Jelang Hadapi Thailand dan Uni Emirat Arab

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-panggil-34-pemain

TC untuk Kualifikasi Piala Dunia ini tak akan mengganggu persiapan klub, karena pemanggilan dilakukan sebelum kompetisi Liga 1 bergulir pada 29 Februari 2020.

JAKARTA, NusaBali

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan pada 9-17 Februari 2020 di Jakarta. Pemusatan latihan tersebut digelar sebagai persiapan menghadapi dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab. Sayangnya, Shin Tae-yong belum bisa menyebutkan siapa saja pemain-pemain yang akan dipanggilnya ke Jakarta.

Pemusatan latihan kali ini juga merupakan momen perdana Shin Tae-yong menangani timnas Indonesia senior. “Nama-nama pemain yang mengikuti TC dalam waktu dekat akan segera dirilis,” tulis pernyataan dalam website PSSI, Selasa (4/2). Selain Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas Indonesia akan tampil di Piala AFF 2020 pada akhir tahun.

Dikutip bolasports.com, Tim Merah Putih juga akan melakukan enam kali pertandingan FIFA Matchday baik di dalam maupun luar negeri. Meski laga tandang melawan Thailand dan kandang versus Uni Emirat Arab baru berlangsung pada akhir Maret, TC sudah dilakukan sejak bulan Februari. Hal tersebut agar timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal di dua laga itu. “PSSI menargetkan timnas Indonesia menembus rangking 150 peringkat FIFA pada tahun ini.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-173 dunia. Timnas Indonesia masih berada di bawah Singapura (157), Malaysia (154), Myanmar (136), Filipina (124), Thailand (113), dan Vietnam (94). Vietnam berada di tangga teratas peringkat level ASEAN. Keberhasilan Vietnam sebagai tim dengan peringkat FIFA tertinggi di level ASEAN tak lain dan tak bukan berkat tangan dingin Park Hang-seo, kompatriot Shin Tae-yong. Peringkat Timnas Indonesia kini sejajar dengan Kamboja (173). Timnas Indonesia pernah merasakan peringkat terendah dalam sejarahnya, yaitu 179 pada 2015.

Di bawah Indonesia ada Laos (188), Brunei (191), dan Timor Leste (196). Peringkat terbaik Timnas Indonesia di FIFA adalah 87 tahun 2001 dan 1998. Selain soal peringkat itu, ada target pada tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, yakni dapat meraih hasil positif dan menjadi finalis Piala AFF 2020.

Sebelumnya Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong baru saja menyelesaikan rangkaian uji coba dalam training camp (TC) di Thailand. Selama menggelar uji coba di Thailand, gaya permainan Timnas Indonesia U-19 di bawah komando Shin Tae-yong mendapatkan banyak sorotan dari media asing.

Meski menjadi bulan-bulanan tim Korea Selatan, ternyata gaya permainan Timnas Indonesia U-19 di sebut oleh Live Sport Asia mirip dengan tiki-taka Pep Guardiola. "Shin Tae-yong melangkah ke jalan setapak Pep Guardiola, bermain sepak bola tiki-taka," tulisnya.

Namun ternyata gaya permainan tiki-taka tersebut malah disindir oleh Live Sport Asia. "Sepakbola menyerang selalu menyenangkan untuk ditonton, tetapi hasilnya setelah 90 menit lebih penting," tulisnya mengakhiri.

Dalam rangkaian uji coba di Thailand, Timnas Indonesia U-19 menelan lima kekalahan dan hanya sekali menang. Tetapi yang paling menyakitkan adalah saat Garuda Muda dibantai Seongnam FC dua kali dengan skor 0-4 dan 1-4. Setelah itu, Bagas Kaffa dan kawan-kawan dihajar oleh Busan IPark dengan skor 1-5. Rangkaian uji coba tersebut merupakan program persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.*

Komentar