nusabali

Disiapkan Lahan 1 Ha, Anggaran Rp 70 M

Pembangunan PN Badung Dimulai Tahun Ini

  • www.nusabali.com-disiapkan-lahan-1-ha-anggaran-rp-70-m

Anggaran Rp 70 miliar itu juga akan digunakan untuk membangun rumah dinas para hakim. Jika terwujud, gedung PN Badung akan menjadi yang termegah di Bali.

DENPASAR, NusaBali

Setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung berdiri, giliran Pengadilan Negeri (PN) Badung yang akan direalisasikan pembangunannya tahun ini. Pemkab Badung sudah menyiapkan lahan seluas 1 hektare di kawasan Terminal Mengwi dengan anggaran Rp 70 miliar.

Ketua PN Denpasar Sobandi, mengatakan pembangunan PN Badung akan menggunakan dua tahun anggaran dari APBD Pemkab Badung. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 70 miliar. “Jadi nanti seluruh pembangunan akan menggunakan anggaran multi years 2020 dan 2021 dari Pemkab Badung,” ujarnya, Sabtu (25/1).

Anggaran Rp 70 miliar tersebut tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan gedung pengadilan. Namun juga akan digunakan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti rumah dinas para hakim. “Nantinya di areal itu juga akan dibangun rumah dinas hakim,” lanjut hakim 49 tahun asal Bandung, Jawa Barat, ini.

Dengan anggaran sebesar itu, Sobandi memastikan gedung PN Badung akan menjadi yang termegah di Bali. Meski demikian, Sobandi mengatakan kelas PN Badung akan tetap di bawah PN Denpasar. “Kalau PN Denpasar kan kelas I, tapi PN Badung karena baru berdiri kelas II dulu,” lanjut Sobandi yang mengatakan peletakan batu pertama PN Badung akan dilakukan pejabat Mahkamah Agung (MA) dalam waktu dekat ini.

Tidak hanya merancang pembangunan PN Badung, Sobandi yang baru empat bulan menjabat ini juga sudah mendesain pembangunan PN Denpasar yang direncanakan akan dibangun empat lantai. “Nanti bangunan PN Denpasar akan kami rombak juga. Bangunan sudah tua dan harus ditata total,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Badung IB Surya Suamba membenarkan jika pembangunan PN Badung akan dimulai tahun ini. Untuk anggaran tahun 2020 ini Pemkab Badung menyiapkan dana Rp 16,4 miliar. “Ini anggarannya mas,” ujar Suamba melalui WhatsApp.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemkab Badung sudah mendirikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung yang menempati gedung mewah hanya beberapa meter dari Terminal Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi. Gedung Kejari Badung ini diresmikan Jaksa Agung M Prasetyo, 15 Februari 2018. Gedung berarsitektur Bali ini dibangun di atas lahan seluas 1 hektare, dengan anggaran mencapai Rp 29 miliar bersumber dari APBD Badung. *rez

Komentar