nusabali

Raih Akreditasi A hingga Prestasi Ratusan Mahasiswa

Selama 2019, Undiksha Torehkan Berbagai Prestasi

  • www.nusabali.com-raih-akreditasi-a-hingga-prestasi-ratusan-mahasiswa

Sepanjang tahun 2019, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah menggulirkan sejumlah program, baik untuk bidang akademik, peningkatan sumber daya maupun tata kelola keuangan dan bidang kemahasiswaan.

DENPASAR, NusaBali

Satu tahun berjalan, program yang dicanangkan menorehkan hasil yang membanggakan.  Seperti halnya akreditasi lembaga yang mampu menginjak ke unggul (A). Capaian itu juga disusul oleh sejumlah program studi. Program bidang akademik lainnya, seperti PKL dan PPL luar negeri juga menunjukkan hasil positif. Jumlah peserta mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Bidang sumber daya juga menunjukkan trend positif. Selain itu juga terjadi pada publikasi jurnal ilmiah.

Dari sisi SDM, kualifikasi pendidikan tenaga dosen mengalami peningkatan, termasuk untuk jabatan guru besar. Dari sisi sarana prasana, sejumlah gedung berhasil dibangun. Sistem pelayanan pun semakin banyak berbasis online, seperti kepegawaian, administrasi perkantoran dan keuangan. Bidang kemahasiswaan, tercatat jumlah mahasiswa yang menorehkan prestasi mencapai 138 orang, lebih tinggi dari target yang dipasang sebanyak 65 mahasiswa. Prestasi itu tidak sebatas pada tingkat nasional, namun juga internasional. Seperti mahasiswa fakultas kedokteran yang berhasil meraih juara III di Singapura berkat idenya mengolah kulit pisang menjadi obat penyakit kulit dan mahasiswa yang meraih juara pada ajang kompetisi woodbaal di Korea Selatan.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, Selasa (31/12) menjelaskan capaian itu tidak terlepas dari dukungan seluruh civitas akademika. Ia juga menegaskan, pembangunan institusi ke arah lebih baik menjadi sebuah komitmen dan hal tersebut juga menjadi kontrak kerja dengan kementerian. “Tentu untuk mencapai ini, ada sejumlah upaya yang dilakukan. Mulai dari anggaran dan kesiapan sumber daya,” jelasnya.

Dibalik capaian itu, tak dimungkiri peningkatan kualitas masih harus dilakukan, untuk mewujudkan visi universitas menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045.  *

Komentar