nusabali

Undiksha Wisuda 775 Mahasiswa

Kukuhkan Tujuh Guru Besar

  • www.nusabali.com-undiksha-wisuda-775-mahasiswa

SINGARAJA, NusaBalim - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)  Singaraja menggelar wisuda ke-73, pada Jumat (19/4). Sebanyak 775 mahasiswa dari berbagai Fakultas dan Pascasarjana diwisuda dalam kesempatan itu. Sebelumnya, pada Kamis (17/4) Undiksha juga mengukuhkan 7 guru besar baru.

Wisuda tersebut diikuti 552 mahasiswa dari jenjang pendidikan S1, 206 mahasiswa jenjang S2, dan 17 mahasiswa jenjang S3. Menariknya, enam orang di antaranya merupakan wisudawan yang mengikuti program fast track di Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan. Mahasiswa tersebut telah lulus menempuh jenjang sarjana di Undiksha selama tiga tahun dan tengah menempuh pendidikan magister di MCUT selama dua tahun. Melalui program ini, mereka memperoleh double degree. 

Rektor Undiksha, Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd mengatakan, dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, Undiksha berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada para mahasiswa yang diharapkan dapat melahirkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global. “Saya berharap kepada para wisudawan kali ini dapat selalu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan benar-benar bisa bersaing,” harapnya.

Sementara itu, tujuh guru besar yang dikukuhkan pada sehari sebelumnya yakni Prof Dr Komang Setemen SSi MT bidang ilmu pengukuran dan evaluasi pendidikan teknik informatika, Prof Dr I Nyoman Suardana MSi bidang ilmu pendidikan kimia, Prof Dr Dra Gst Ayu Mahayukti MSi bidang ilmu pengukuran dan evaluasi pendidikan matematika.

Foto: Undiksha Singaraja menggelar wisuda ke-73, Jumat (19/4). -IST

Kemudian ada Prof Dr I Wayan Artanayasa SPd MPd bidang ilmu pengukuran dan evaluasi pembelajaran PJOK, Prof Dr Drs I Wayan Suja MSi bidang ilmu pendidikan kimia, Prof Dr Edy Sujana SE MSi Ak bidang ilmu akuntansi, dan Prof Dr IGA Lokita Purnamika Utami SPd MPd bidang ilmu pendidikan bahasa Inggris. 

Prof Lasmawan menyebutkan, para profesor yang dikukuhkan kali ini adalah sosok-sosok yang telah membuktikan aktualisasi kedirian akademisnya, sesuai dengan bidang yang ditekuni. Pengukuhan ini, kata dia, sekaligus merupakan pembuktian komitmen Undiksha untuk terus berbenah dan mengambil peran positif dalam menciptakan dan mendukung keunggulan akademik yang berkelanjutan.

Ia menambahkan, titik kulminasi perjalanan panjang seorang dosen berselaras pada dua dimensi yang beririsan. Pertama, bidang pendidikan, yaitu dengan mencapai pendidikan tertinggi yakni gelar doktor. Kedua, dalam bidang kepangkatan, dengan meraih pangkat jabatan akademik tertinggi yaitu profesor.

"Tujuh akademisi yang hari ini dikukuhkan dan menyampaikan orasinya adalah mereka yang telah meraih kedua titik kulminatif tersebut. Artinya tujuh akademisi Undiksha ini adalah mereka yang telah teruji dan mumpuni di segala medan tupoksinya," ucap Prof Lasmawan. @mzk

Komentar