nusabali

Siswa SD Pelita Bangsa Denpasar Raih Medali Perak Olimpiade Matematika di Lumajang

  • www.nusabali.com-siswa-sd-pelita-bangsa-denpasar-raih-medali-perak-olimpiade-matematika-di-lumajang

Ni Made Fiorani Putri Subudhi kembali mengharumkan nama Bali kancah Olimpiade Matematika.

LUMAJANG, NusaBali

Setelah bulan Desember lalu meraih medali perunggu Olimpiade Matematika di Jember, jawa Timur, kini siswa kelas I SD Pelita Bangsa Denpasar ini kembali meraih medali. Dalam babak final yang digelar Minggu (5/1), Fio berhasil meraih medali perak.

Fio yang menjadi satu-satunya wakil Bali pada kategori kelas I tingkat sekolah dasar ini mampu bersaing dengan kompetitor yang didominasi dari Jawa Timur.  “Prestasi ini sangat istimewa dan luar biasa di awal tahun 2020  bagi keluarga besar SD Pelita Bangsa dan Bali,” kata Kepala Sekolah SD Pelita Bangsa Denpasar, I Kadek Aditia Putra SPd MPd, Minggu (5/1).

Aditia pun berharap prestasi yang ditorehkan siswa kelahiran Denpasar yang baru merayakan HUT ke-7 pada tanggal 31 Desember 2019, bisa memotivasi peserta didik yang lain untuk meraih prestasi. “Prestasi ini juga tidak terlepas dari kerjasama yang solid antara kepala sekolah,  guru,  siswa,  dan orang tua,” jelas Aditia bangga.

Diakui bahwa Fio adalah siswa yang punya potensi besar di bidang matematika. Sebelum mewakili Bali ke Olimate yang diadakan SMK Muhammadiyah Lumajang, putri pasangan dr I Ketut Raka Subudhi dan dr Ni Made Henie Kusumayanti Sania lolos dalam persaingan antarsiswa se-Bali pada 3 November 2019.”Kebetulan di sekolah kami juga ada ekstrakurikuler Math Club,” kata Aditia.

Adanya Math Club di bawah bimbingan Ida Ayu Putri Sintya Dewi  SPd dan guru kelas Ni Komang Ayu Setiawati  S Pd semakin  mematangkan persiapan Fio. “Prestasi Fio yang sangat luar biasa tak lepas dari ketekunannya  berlatih soal-soal olimpiade, dari soal-soal yang sederhana sampai soal yang rumit bagi anak-anak level kelas 1,” kata Ayu soal siswa kelas 1B yang di bawah bimbingannya tersebut.

Ayu pun berharap hasil yang menggembirakan dan membanggakan semakin menyemangati Fio konsisten untuk berlatih guna menggapai prestasi lebih tinggi lagi.  Semangat bocah yang dikenal ramah ini terhadap pelajaran matematika ini memang terasa, karena  saat jam istirahat masih tetap menyempatkan diri belajar.  Bahkan Kasek Aditia yang sebelumnya juga seorang guru matematika, ikut memberikan bimbingan bagi siswanya. “Di Math Club kelas kecil diajar oleh Ms Sintya, dan apabila sudah  dianggap mampu, bisa lanjut Math Club kategori kelas besar yang kebetulan saya bina langsung,” terang Aditia.

Sementara itu dr I Ketut Raka Subudhi,  sang ayah, menyatakan kebanggaan atas prestasi putri kesayangannya. “Sebagai orangtua, tentu kami bangga atas prestasi yang diraih Fio. Dari sini kami bisa tahu bidang yang diminatinya. Dan kami senantiasa akan mendukung penuh. Apalagi pihak sekolah sangat mendukung kegiatan anak didiknya baik di bidang akademis maupun non akademis,” kata Ketut Raka. *mao

loading...

Komentar