nusabali

Apel Hari Ibu, Seluruh Perangkat Upacara Perempuan

  • www.nusabali.com-apel-hari-ibu-seluruh-perangkat-upacara-perempuan

Ada yang menarik saat peringatan Hari Ibu di Kabupaten Tabanan, Senin (23/12).

TABANAN, NusaBali

Apel Bendara yang digelar di Lapangan Alit Saputra, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, perangkat upacara yang ditugaskan, seluruhnya perempuan. Perangkat ini mulai dari pemimpin upacara yakni Kasatlantas Polres Tabanan Iptu Ni Putu Wila Indrayani, Inspektur Upacara Wakil Ketua DPRD Tabanan Ni Made Meliani. Termasuk pengibar sang saka merah putih seluruhnya Paskibraka perempuan.

Tak hanya apel di Lapangan Alit Saputra, perangkat upacara seluruhnya perempuan juga ada di Mapolres Tabanan. Upacara bendera memperingati Hari Ibu ini pun berlangsung khusyuk.

Made Meliani selaku inspektur upacara mengatakan upacara peringatan Hari Ibu bertema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’ ini juga serangkian dengan Hari Nusantara, Hari Perkebunan, Hari Kesetiakawanan, dan Hari Bela Negara. “Khusus untuk Hari Ibu ini, temanya sangat tepat,” ujarnya.

Sangat tepat, jelas dia, karena perempuan sangat memengaruhi pembangunan di segala lini kehidupan. Kesetaraan gender dipandang perlu. Kekerasan yang terjadi pada perempuan juga agar segera dicarikan solusi. “Saya harapkan kekerasan tidak terjadi di bumi ini, perempuan bukan makhluk lemah, dan jangan meragukan kemampuan perempuan,” tegasnya.

Jelas Meliani, ke depan pemerintah diharapkan peduli dan perhatian bersama-sama mencegah dan mencarikan solusi agar kekerasan terhadap perempuan tidak terjadi. “Sehebat apa pun kedudukan karier, jangan pernah melupakan kodrat perempuan yang sebagai ibu atau istri. Jika diberlakukan dengan baik dari mereka (perempuan) akan timbul kedamaian dan kenyamanan dan niscaya faktor internal dan eksternal akan sukses,” tandas Meliani. *des

Komentar