nusabali

Pejudo Bali Ditarget Raih Empat Emas di PON 2020

  • www.nusabali.com-pejudo-bali-ditarget-raih-empat-emas-di-pon-2020

Waketum Pengprov PJSI Bali I Nengah Sudiartha memasang target empat medali emas pada PON Papua XX/2020.

DENPASAR, NusaBali
Target itu dinilai realistis, setelah pejudo Bali meraih tiga emas, satu perak dan tiga perunggu pada SEA Games 2019 Filipina.

"Target empat emas itu harapan KONI Bali kepada cabor judo. Kami akan berusaha secara maksimal. Soal hasil kita lihat saja nanti," kata Nengah Sudiartha, Rabu (18/12).

Dengan target tersebut, PJSI Bali langsung fokus mempersiapkan tim judo dan tidak buang-buang waktu. Sebab PON 2020 kurang setahun lagi dan seluruh persiapan harus dilakukan dengan baik. Apalagi judo Bali menjadi sorotan di Indonesia, usai berprestasi saat SEA Games.

“Jelas hal ini harus kita buktikan di PON Papua. Saat SEA Games Bali sangat mendominasi. Dari delapan pejudo Indonesia, lima  diantaranya dari Bali. Ini sinyal positif bagi Bali di PON Papua," kata Nengah Sudiartha.

Di PON Papua nanti, kata Sudiartha, Bali masih bertumpu mantan pejudo SEA Games 2019 Filipina. Yakni, I Gede Agastya Dharma Wardhana (Agast) kelas +100 kg, I Gede Ganding Kalbu Soethama (Ganding) kelas -100 kg, Ni Kadek Anny Pandini kelas -57 kg, Gusti Ayu Putu Guna Kakihara kelas -70 kg dan Dewa Ayu Mira Widari (Mira) dikelas + 78 kg putri. Selain itu Bali juga akan ditopang pejudo  lainnya, seperti Fania Farid kelas -78 kg, Adesta Wiradamungga kelas 81 kg, dan Rakyanda dikelas 90 kg.

Namun PJSI Bali masih menunggu keputusan PB PJSI soal atlet Bali yang memenuhi poin untuk lolos PON. Sebab, hingga kini masih dilakukan rekap oleh PB PJSI Bali.

"Sepengetahuan kami, atlet Bali semuanya lolos PON. Kecuali Guna Kakihara yang masih diperjuangkan meraih wild card karena baru sekali ikut Pra PON di Kejurnas Jogjakarta," tegas Sudiartha.

Sementara Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi mengakui semua cabor yang lolos PON, harus menjadi andalan. Jadi tidak hanya di cabor judo saja diharapkan meraih emas Menurutnya, judo memang sebagai motivator, setelah keberhasilannya di SEA Games Filipina.

Sedangkan Sekum KONI Bali, IGN Oka Darmawan mengakui prestasi judo menunjukkan hasil yang bagus pada SEA Games Filipina. Selain mendominasi jumlah pejudo dalam kontingen, pejudo Bali juga meraih medali banyak.  "Kami yakin cabor judo dapat menyumbangkan medali di PON Papua," kata Oka Darmawan.*dek

Komentar