nusabali

Kompetisi Bunga Internasional Siapkan Hadiah Rp 1,3 Miliar

  • www.nusabali.com-kompetisi-bunga-internasional-siapkan-hadiah-rp-13-miliar

Peserta bakal berlomba menunjukkan bagaimana merawat dan menata tanaman bunga di halaman pekarangan rumah dan sekolah.

DENPASAR, NusaBali.com
Kompetisi bunga internasional atau 'International Flower Competition' bakal kembali digelar tahun depan di Bali. Kompetisi ini digelar Hanging Gardens of Bali sebagai bagian dari gerakan lingkungan melalui pengembangan dan pemeliharaan ruang hijau dengan penataan kebun bunga.

Nir Peretz, Owner of Hanging Gardens of Bali menyampaikan, International Flower Competition 2020 bertujuan menumbuhkan minat merawat tanaman bunga. Nantinya para peserta bakal berlomba menunjukkan bagaimana merawat dan menata tanaman bunga di halaman pekarangan rumah.

Ia menyebutkan kompetisi ini adalah salah satu upaya menghijaukan, mempercantik, serta memperindah Pulau Dewata oleh warganya. "Ini bisa dimulai dari hal kecil, yaitu menanam bunga dan merawat taman hingga menjadikannya sebuah taman bunga yang asri,” ungkapnya Selasa (3/12/2019) dalam konferensi pers di Kantor Gubernur Bali, Kota Denpasar.

Hadiah yang disediakan dalam kompetisi ini tidak tanggung-tanggung. Hanging Gardens of Bali menyiapkan hadiah dengan total Rp 1,3 miliar bagi para juara. Hadiah ini, kata Peretz, diharapkan memotivasi para peserta untuk berlomba-lomba menghias kebun bunganya. Peserta yang ingin bergabung dalam kompetisi ini bisa melakukan pendaftaran online melalui website yang disediakan dan tidak dipungut biaya.

Berbeda dari tahun lalu, pada kompetisi kedua ini bakal dibagi menjadi dua kompetisi berbeda yakni kategori Sekolah Dasar se-Indonesia dan kategori umum atau perorangan se-Bali. Selama pelaksanaan, Hanging Gardens of Bali bakal menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali yang nantinya akan menginformasikan kepada masyarakat dan pihak sekolah.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik gelaran kompetisi ini. Ia mengatakan selain menumbuhkan minat masyarakat untuk menata lingkungan sekitar lebih asri dan indah, secara tidak langsung akan memberikan dampak positif bagi pariwisata di Bali.


"Dengan kebun yang indah dan asri di halaman sekolah atau rumah akan menghadirkan pemandangan yang menyejukkan bagi wisatawan yang berkunjung. Hal ini juga akan membuat Pulau Bali lebih tertata rapi," ujarnya.

Untuk itu ia meminta masyarakat yang mengikuti kompetisi ini tidak hanya fokus terhadap hadiah semata. Melainkan fokus dalam melestarikan lingkungan yang dimulai dari lingkungan rumah sendiri sebagai kontribusi untuk pelestarian lingkungan di Bali.*has

loading...

Komentar