nusabali

PICA Fest 2023: Meriahnya Festival Industri Pakaian Lokal di Pulau Surga

  • www.nusabali.com-pica-fest-2023-meriahnya-festival-industri-pakaian-lokal-di-pulau-surga

DENPASAR, NusaBali.com - Paradise Island's Clothing Association (PICA) Fest 2023 masih menjadi daya tarik. Terbukti gelaran yang dilangsungkan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, dijejali pengunjung sejak dibuka resmi pada Kamis (27/7/2023).

Festival tahunan yang akan digeber hingga Minggu (30/7/2023) mendatang, merupakan perayaan ke-8 bagi para pecinta industri pakaian lokal tanah air, yang juga dipadukan dengan konser musik dari musisi dan band ternama Indonesia dan Bali.

Upacara pembukaan PICA Festival 2023 berlangsung meriah dengan kehadiran Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, serta Walikota Denpasar IGN Jaya Negara pada Kamis (27/7/2023). 

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Cok Ace itu menyatakan keyakinannya bahwa PICA Fest memiliki potensi untuk masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, Ketua Pica Fest 2023 I Gede Andhika Paramartha mengaku sejak awal Pica Fest hadir untuk merangkul para UMKM, khususnya merek pakaian lokal Bali. "Pica Fest ini hanya wadah untuk UMKM bertumbuh dan berkembang. (Target kami) Lebih kepada perputaran ekonomi dan bagaimana kami bisa memutar ekonomi usaha-usaha kecil ini," tambahnya.

Lebih dari 100 tenant telah siap untuk menyemarakkan PICA Fest 2023, termasuk 55 brand lokal Bali yang akan menampilkan ragam koleksi kreatif mereka, dan 104 tenant FnB yang siap memanjakan pengunjung dengan berbagai hidangan lezat. 

Para pengunjung juga akan dinikmati oleh penampilan berbagai artis ternama yang akan mengisi panggung PICA Fest 2023. Kemudian, bakal ada beberapa artis yang mengisi Pica Fest 2023. Di antaranya Vierratale, Jkt48, Hindia, Rocket Rockers, hingga Feel Koplo.

Cok Ace menyoroti pentingnya PICA Fest ini bagi generasi muda Bali, khususnya para pelaku industri pakaian lokal yang tengah berjuang untuk meningkatkan eksistensi merek mereka. Acara ini diharapkan menjadi wadah yang memungkinkan mereka untuk berinovasi dan mengenalkan karya-karya mereka kepada masyarakat lebih luas.

Tak hanya itu, dukungan dari tokoh-tokoh berpengaruh juga terlihat dalam perhelatan ini. I Nyoman Parta, anggota DPR RI, turut hadir di acara pembukaan PICA Fest 2023. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan apresiasinya atas usaha daerah dalam menciptakan acara bergengsi yang menonjolkan kekayaan budaya Bali.

Cok Ace menegaskan harapannya bahwa acara ini akan menjadi ajang inspiratif bagi generasi milenial Bali, di mana mereka dapat dengan bangga menunjukkan hasil kreativitas dan dedikasi dalam menciptakan karya-karya yang membanggakan.

PICA Fest 2023 telah menjadi magnet bagi para pecinta mode dan musik di Bali. Dengan gabungan unik antara pakaian lokal khas Indonesia dan Bali, serta penampilan musisi dan band terkenal, acara ini akan terus mengukir kenangan indah bagi pengunjung dan menciptakan dampak positif bagi perkembangan industri.*win

Komentar