nusabali

Mantan Wakil Ketua Dewan Berkebun Jeruk

  • www.nusabali.com-mantan-wakil-ketua-dewan-berkebun-jeruk

Mantan Wakil Ketua DPRD Karangasem, I Nyoman Karya Kartika, berkebun jeruk di Banjar Puragae, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Luas kebunnya 100 are. Hanya saja tidak terungkap apakah tanah itu milik sendiri, warisan, atau sewa lahan. Politisi ini turun langsung mencangkul tanah dan memimpin pekerjanya membuat lubang untuk ditanami 500 bibit jeruk.

Karya Kartika mengaku pilih berkebun dan menjalani pekerjaan sebagai petani. Dia memulai dengan membuat lubang, selanjutnya ditaburi pupuk kandang, sebelum ditanami bibit jeruk. “Saya baru tahap membuat lubang, setelah musim hujan datang, barulah tanam bibit jeruk. Saya datangkan bibit jeruk dari Bangli,” kata Karya Kartika saat ditemui di kediamannya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kamis (22/11).

Karya Kartika mengaku semangat berkebun walaupun lokasi kebun jeruk di Banjar Pura Gae, Desa Pempatan berada di kawasan rawan bencana (KRB II) yang sering terpapar abu vulkanik. Alasannya, setelah terpapar abu vulkanik tanah jadi subur. Kawasan Banjar Pura Gae dinilai cocok untuk berkebun jeruk karena hawanya sejuk mirip dengan daerah Bangli. “Biar ada kerjaan karena tidak lagi jadi anggota DPRD Karangasem,” akunya.

Karya Kartika jadi Wakil Ketua DPRD Karangasem masa bhakti 2014-2019. Saat itu Partai Demokrat Karangasem merebut lima kursi sehingga berhak atas salah satu kursi Wakil Ketua DPRD Karangasem. Di Pemilu Legislatif 2014, Karya Kartika meraih 3.066 suara di Daerah Pemilihan Kecamatan Kubu. Sedangkan di Pemilu 2019, kurang beruntung. *k16

Komentar