nusabali

Raih Gelar Doktor, Kasta Wijaya ‘Diganjar’ Predikat Cumlaude

  • www.nusabali.com-raih-gelar-doktor-kasta-wijaya-diganjar-predikat-cumlaude

Akademisi Hukum Universitas Warmadewa (Unwar), I Ketut Kasta Arya Wijaya SH MHum akhirnya resmi menyandang gelar Doktor Bidang Ilmu Hukum setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul ‘Makna Filosofi Fungsi Sosial Dalam Pengaturan Pengusahaan Sumber Daya Air’ di Lantai II Fakultas Hukum Universitas Udayana, Rabu (23/10).

DENPASAR, NusaBali

Kasta Wijaya pun raih predikat Cumlaude. Dalam sidang promosi doktor yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Hukum Unud, Prof Dr I Made Arya Utama SH MHum, Promovendus Kasta Arya Wijaya diuji oleh beberapa orang diantaranya Prof Dr I Wayan Windia SH MSi (sekaligus sebagai Promotor), Dr P Gede Arya Sumertha Yasa SH SH (sekaligus sebagai Ko Promotor I), Dr Putu Tuni Cakabawa L SH MHum (sekaligus Ko Promotor II), Prof Dr Ibrahim R SH MH, Dr I Gede Yusa SH MH, Dr Dewa Gde Rudy SH MHum, serta satu penguji eksternal Prof Dr Ir Abrar Saleng SH MH. Kasta Wijaya dengan cukup baik bisa menjawab pertanyaan maupun sanggahan dari penguji.

Dalam disertasinya, Kasta Wijaya mengungkapkan keberadaan sumber daya air sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan manusia dan mahluk hidup lainnya, juga sebagai pemersatu bangsa dan sebagai sarana pemerataan pembangunan. Namun isu air kini tidak saja menjadi isu lokal, melainkan nasional maupun internasional. “Bali sekarang sudah mulai krisis air, sehingga harus dilihat pengelolaannya supaya bisa memberikan kesejahteraan dan kemanfaatan bagi masyarakat. Perlu dibuat regulasi yang lebih mengedepankan fungsi sosial, yang selama ini lebih cenderung ke ekonomis,” jelasnya ditemui usai sidang kemarin.

Promotor dari promovendus Kasta Wijaya, Prof Dr I Wayan Windia SH MSi dalam menyampaikan kesan dan pesannya berharap disertasi yang dihasilkan ini ada penelitian lanjutan serupa dan setiap tahun. “Selain itu saat mengajar usahakan dekat dengan disertasi ini, melakukan penelitian juga dekat dengan disertasi ini, maupun melakukan pengabdian masyarakat juga dekat dengan disertasi yang ditulis, menulis jurnal juga di sekitar disertasi yang ditulis,” katanya. *ind

Komentar