nusabali

Hari Ini Karantina, Rela Tinggalkan Sementara Kuliah Kedokteran Gigi

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja, Teruni Bali yang Lolos Audisi Indonesian Idol 2020

  • www.nusabali.com-hari-ini-karantina-rela-tinggalkan-sementara-kuliah-kedokteran-gigi

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja mengaku pernah dicibir sebagai penyanyi kelas lokal saat jadi juara I dalam sebuah lomba. Maka, dalam ajang Indonesian Idol 2020 ini dia ingin membuktikan dirinya bukan sekadar penyanyi lokal, tapi berkelas nasional

DENPASAR, NusaBali

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja, 19, menjadi satu-satunya peserta dari Bali yang lolos audisi Indonesian Idol 2020. Kepastian lolos itu diperoleh setelah mahasiswi Semester III Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar ini menerima golden ticket dari juri. Demi menggapai mimpi Indonesian Idol 2020, Ketut Mahalini Ayu Raharja pun rela tinggalkan sementara kuliahnya.

Rencananya, Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja akan bertolak ke Jakarta, Selasa (22/10) ini, untuk mengikuti masa karantina. Mahalini pun putuskan untuk meninggalkan sementara kuliahnya, buat menggapai impiannya di Indonesian Idol 2020.

Teruni asal Banjar Aseman Kawan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung ini menceritakan, audisi Indonesia Idol 2020 yang dijuri langsung oleh Anang Hermansyah, Bunga Citra Lestari, Judika, Maia Estianti, dan Ari Lasso, sudah dijalaninya pada Agustus 2019 lalu, di Jakarta. Setelah golden ticket di tangan, langkah Mahalini selanjutnya adalah menjalani babak eliminasi, hingga melenggang tampil live di salah satu TV swasta.

Namun, untuk mencapai posisi tersebut, Mahalini lebih dulu harus ‘berkeringat’ alias berjuang keras. Mahalini pun mengaku berupaya menyiapkan diri agar saat tampil nanti tidak mengecewakan. “Nanti saya akan masuk karantina, semoga tidak tereliminasi (gugur) hingga Maret 2020. Nanti saya akan bersaing sama peserta dari berbagai kota, dengan kualitas suara yang bagus-bagus banget,” ungkap Mahalini saat jumpa pers di Denpasar, Senin (21/10).

Mahalini mengatakan, selain ingin menunjukkan bakatnya, dia juga berusaha membuktikan kepada haters yang pernah mencibir bahwa dirinya tidak hanya sekadar menunjukkan bakat di ajang lokal, namun tingkat nasional. Menurut Maharini, dirinya punya pengalaman tidak enak saat bermusik, ketika ikut lomba dan kebetulan dapat juara I.

“Terus, saya dikata-katain, katanya saya cuma penyanyi biasa, penyanyi Bali, penyanyi lokal. Mungkin banyak orang hanya melihat dari cover. Jadi, di ajang Indonesian Idol 2020 ini, saya ingin tunjukkan kalau saya bisa membawa nama Bali ke tingkat nasional,” tutur teruni kelahiran 4 Maret 2000 ini.

Keberhasilannya masuk tahap audisi Indonesian Idol 2020, kata Mahalini, turut menjadi ajang pembuktian kepada khalayak umum soal kualitas suara yang dimilikinya. Mahalini pun memilih istirahat sementara dari perkuliahannya, sebagai persiapan menggapai mimpi di Indonesian Idol 2020. Mahalini bersyukur, karena pihak kampus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati mendukung penuh keikutsertaannya di ajang Indonesian Idol 2020.

Disinggung mengenai target di ajang tersebut, alumni SMAN 1 Denpasar ini mengaku tidak memasang target khusus. “Tidak ada target khusus dalam kompetisi ini. Tapi, saya percaya diri, dan saya akan berupaya berikan yang terbaik bagi Bali,” tandas anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan I Gede Suraharja dan Ni Nyoman Serini ini.

Bakat Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja dalam menyanyi sebebnarnya sudah terlihat sejak kecil. Namun, dia memiliki masalah soal kepercayaan diri. Ibunda Mahalini, Ni Nyoman Serini, bahkan mengaku sempat kesal lantaran putrinya yang punya bakat menyanyi sejak kecil ini tidak berani ikut lomba. Anak bungsunya ini hanya mau menyi karaoke di rumah. Barulah setelah duduk di Kelas V SD, Mahalini diarahkan ibunya untuk ikut les vokal.

“Sampai masuk SMP Negeri 1 Denpasar, anak saya ini (Mahalini) masih tetap belum berani. Kemudian, guru vokalnya sewaktu Kelas II SMP memanggil Mahalini dan dimasukkan dalam grup. Barulah dia mulai ikut lomba, bahkan sempat mewakili Bali ke Malang. Setelah SMA, dia mencoba menyanyi solo,” ungkap Nyoman Serini.

Berbagai lomba menyanyi pernah diikuti Mahalini. Di antaranya, FLS2N Provinsi Bali tahun 2015 (Vocal Group), FLS2N Provinsi Bali 2017 (Solo Putri), FLS2N Nasional Semarang tahun 2015 mewakili Bali (Vocal Group), FLS2N Nasional tahun 2017 di Kupang (Solo Putri), serta ikut serta dalam Parade Lagu Bali Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2016, 2017, dan 2018. *ind

Komentar