nusabali

Cegah Pungli, Bisa Untuk Minta Bantuan Personel

  • www.nusabali.com-cegah-pungli-bisa-untuk-minta-bantuan-personel

Seragam Polisi Lalin Dilengkapi Bodycam

JAKARTA, NusaBali

Salah satunya melengkapi body camera atau bodycam yang dipasang di seragam. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir mengatakan, petugas dilengkapi bodycam untuk mencegah penyalahgunaan wewenang anggota di lapangan, seperti pungli.

"Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan, salah satunya itu (mencegah pungli-red)," kata AKBP M Nasir, Senin (14/10) seperti dilansir detik.

Di sisi lain, bodycam juga dapat dipergunakan untuk menindak pelanggar lalu lintas. Tidak hanya menggunakan kamera E-TLE yang dipasang stasioner.

"Bodycam untuk menindak pelanggar lalu lintas secara elektronik, ini dapat diarahkan ke sasaran dari back office," tuturnya.

Bodycam ini dilengkapi dengan feature panic button hingga live streaming yang terpusat ke ruang kendali yang berfungsi sebagai alat komunikasi. Personel di lapangan yang membutuhkan bantuan bisa berkomunikasi lewat bodycam tersebut.

"Bodycam dapat juga untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasionalisasi E-TLE Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, penggunaan bodycam ini dilaksanakan setelah Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf melakukan studi banding ke mancanegara.

"Petugas-petugas di sana itu sudah melengkapi dirinya dengan alat bernama body worn camera atau bodycam," kata Kompol Arif.

Bodycam ini, lanjut Arif, memang bukan seperti body camera alat intelijen yang dipasang secara tersembunyi. "Tetapi, memang digunakan di dada sebelah kiri," imbuh Arif.

Dengan adanya body cam ini, diharapkan pengawasan terhadap petugas di lapangan lebih maksimal. Di samping itu, dengan alat tersebut juga dapat merekam berbagai peristiwa yang terjadi di saat petugas sedang bertugas di lapangan.

"Misalnya ada insiden kecelakaan, atau tindak pidana lain seperti pencopetan misalnya," tuturnya. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menambahkan, bodycam ini tidak bisa dimatikan oleh petugas. Alat ini memiliki kekuatan merekam selama 8 jam non-stop.

"Kita uji coba kehebatan bodycam ini, dia fungsinya streaming non-stop battery 8 jam, dia tidak bisa dimatikan oleh petugas," sambungnya. *

loading...

Komentar