nusabali

'Si Darling' Gandeng Nanoe Biroe

  • www.nusabali.com-si-darling-gandeng-nanoe-biroe

‘Si Darling’ saat ini merupakan program strategis pengurangan sampah non organik mulai hulu sampai sampah rumah tangga

DENPASAR, NusaBali

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar gencarkan sosialisasi program Sistem Sadar dan Peduli Lingkungan (Si Darling). Dalam sosialisasi ini, DLHK menggandeng musisi Nanoe Biroe yang tampil di kawasan Car Free Day, Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Minggu (29/9) pagi.

Kadis Kominfo Kota Denpasar, I Dewa Made Agung menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat guna mendukung  Perwali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat ikut terlibat secara langsung dalam menjaga lingkungan.

"Sosialisasi Si Darling ini menyasar masyarakat yang hadir sambil berolahraga di kawasan Car Free Day dengan menggandeng musisi ini diharapkan mampu meningkatkan antusiasme masyarakat, sehingga pesan atau informasi dapat disampaikan dan dipahami dengan baik," ungkapnya.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah DLHK Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Buditha berharap melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi serta antusias masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan menjadi nasabah Bank Sampah dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Lebih lanjut dijelaskan, Si Darling saat ini merupakan program strategis pengurangan sampah non organik mulai hulu sampai sampah rumah tangga. Dengan begitu pengurangan sampah menuju ke TPA dapat diminimalisir. "Ini merupakan wujud nyata revolusi mental dan perubahan karakter dalam kepedulian terhadap lingkungan, selain itu dengan Si Darling ini masyarakat juga akan mendapatkan reward berupa pelayanan di pemerintahan serta discount harga di beberapa outlet berdasarkan capaian poin yang dikumpulkan," jelasnya.

Ngurah Budhita menekankan bahwa peningkatkan poin dapat dilaksanakan dengan aktif menjadi nasabah bank sampah yang kini jumlahnya di Kota Denpasar mencapai 100 bank sampah.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, musisi Nanoe Biroe  juga berharap melalui kegiatan sosialisasi ini semakin membangkitkan kesadaran dan rasa malu masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dari bahaya sampah plastik dan menjaga sungai dari hulu sampai hilir. "Saya juga aktivis lingkungan dimana program ini tentu sangat baik dan sudah menjadi kewajiban untuk kita dukung bersama sebagai upaya edukasi dan membangkitkan kepedulian masyarakat dan acara ini berkelanjutan," ungkapnya. *mis

Komentar