nusabali

Kebersihan Ubud Masih Jadi Sorotan

  • www.nusabali.com-kebersihan-ubud-masih-jadi-sorotan

Sebagai sebuah destinasi wisata ternama dunia menjadikan Ubud membutuhkan perhatian serius pelbagai kalangan. Di antaranya, bidang kebersihan dan kemacetan lalulintas yang selama ini memancing keluhan dan sorotan para wisatawan.

GIANYAR, NusaBali
Terkait itu, jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Gianyar melaksanakan kegiatan kebersihan di areal Catus Pata Ubud, Jumat (6/11).

Kegiatan yang melibatkan ratusan pegawai pemerintah dan pihak swasta tersebut atas intruksi khusus Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata. Instruksi ini menimbang karena Ubud adalah maskotnya pariwisata budaya Gianyar, dan Bali umumnya.

Kegiatan kebersihan itu dipandu langsung Sekkab Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra. ‘’Kebersihan menjadi kebutuhan mutlak yang harus diperhatikan dalam menciptakan keasrian lingkungan di Ubud,’’ ujarnya. 

Kegiatan ini dihadiri Ketua LPM Ubud yang tokoh Puri Agung Ubud, Tjokorda Gde Raka Sukawati alias Cok De.

Sekkab yang akrab dengan nama Gus Gaga ini  mengakui, areal catus pata di Ubud sangat indah dari segi penataan. Infrastruktur Puri Agung Ubud yang asri terpadu rupa dengan Wantilan Desa Ubud di sisi barat, dan Kantor Lurah Ubud serta Pasar Ubud di bagian selatan. ‘’Siapun pun merasakan, bangunan dengan kekhasan seni budaya sangat kental di titik nol Desa Ubud ini. Suasana ini harus selalu dijaga, terutama kebersihannya,” jelasnya.

Terkait itu, lanjut Gus Gaga, Pemkab Gianyar bersama unsur terkait akan terus melakukan kegiatan kebersihan secara berkelanjutan. Pihaknya mengharapkan nanti akan menarik minat komponen swasta untuk ikut terlibat. Dengan itu pula, warga makin terangsang untuk berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan ini.

Gus Gaga mengakui, selain bidang keberishan,  permasalahan di Ubud sangat kompleks. Sebab, banyak kepentingan yang masuk ke kampung turis ini. Tak sedikit orang asing dari berbagai penjuru datang dengan latar berbeda – beda baik untuk melancong dan mengais rejeki ke Ubud. Akibatnya, persoalan yang dihadapi juga kian beragam. Untuk itu, Pemkab didukung masyarakat untuk selalu berusaha mencarikan solusi terbaik terhadap segenap persoalan di Ubud.

Komentar