nusabali

Warek IV Unitomo Diminta Beri Klarifikasi

2 Mahasiswanya Dituduh Berbuat Mesum

  • www.nusabali.com-warek-iv-unitomo-diminta-beri-klarifikasi

Dua mahasiswa Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya melakukan aksi teatrikal di kampusnya.

SURABAYA, NusaBali

Aksi itu mereka lakukan karena mereka dituduh berbuat mesum oleh wakil rektor (warek) IV, Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M.

Tak hanya dituduh, kedua mahasiswa itu menduga warek IV juga mendokumentasikan tuduhan itu. Hasil dokumentasi berupa video tersebut juga telah disebarkan oleh warek IV. Video tersebut menjadi perbincangan di kalangan civitas akademi Unitomo sehingga membuat keduanya malu.

Melalui aksi teatrikal itu, mereka memrotes apa yang diduga telah dilakukan warek IV. Mereka membawa keranda bertuliskan 'Matinya Rasa Malu', poster bertuliskan 'Saksikan Layar Tancap 2 Mahasiswa Diduga Mesum?, serta masing-masing dari mereka membawa kertas bertuliskan 'Kami Tidak Mesum dan Kami Punya Etika'. Di sekitar keranda juga ditaburi bunga sebagai simbol matinya rasa malu.

Salah satu mahasiswa yang dituduh berbuat mesum, Ahmad Mukti (24), mengaku tak pernah melakukan perbuatan mesum tersebut. Apa yang dilakukan warek IV adalah kesewenang-wenangan.

Mahasiswa jurusan komunikasi ini mengatakan saat itu ia memang sedang bersama mahasiswi fakultas hukum semester 3, Elle Noor Aziza (22). Kedua mahasiswa itu mengaku kelelahan dan tertidur di ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Fotografi Club (Ciphoc) usai melakukan persiapan Pengenalan Kehidupan Kamus Mahasiswa Baru( PKKMB) 2019.

"Kejadiannya Sabtu, bulan lalu. Kami tertidur usai mengikuti persiapan kepanitian pengenalan mahasiswa baru," kata Mukti kepada wartawan usai melakukan aksinya di halaman Gedung Rektor Unitomo, Jumat (6/9) seperti dilansir detik, Jumat (6/9).

Setelah itu menurut Mukti, Warek IV masuk. Dan tanpa izin mengambil dan merekam video mereka yang saat itu tengah tertidur.

"Kami ingin mengklarifikasi kepada Bu Mei yang merekam video tersebut, jika kami tidak melakukan apa-apa. Posisi kami saat itu saya tertidur menyamping dan wanita tersebut bersandar di kaki saya, cuman itu saja," lanjut Mukti.

Saat mereka sudah bangun, dari ruangan itu terdengar ucapan warek IV sedang memanggil dosen lain jika ia telah mendapatkan video tersebut.

"Pada waktu terbangun, Elle mendengar jika Bu Mei memanggil Pak Slamet Wakil Rektor II jika mendapatkan video itu," ujar Mukti.

Elle sendiri sangat terusik dengan tuduhan dan dugaan tersebarnya video tersebut. Akibat dugaan mesum tersebut, teman-teman Elle berpandangan negatif kepadanya.

"Jelas saya dirugikan, Jadi karena ada tuduhan mesum seperti itu jadi stereotipnya ke saya," ujar Elle. Mukti dan Elle a meminta agar warek IV Unitomo memberikan klarifikasi.

Wakil Rektor III Unitomo bidang Kemahasiswaan Suyanto kepada wartawan di ruang Humas Unitomo, Jumat (6/9) belum bisa mempertemukan keduanya dengan pihak Warek IV. Sebab berdasarkan informasi dari Wakil Rektor IV, kejadiannya tidak seperti itu. *

Komentar